Tips Membangun Rumah Dengan Budget Minim

Siapa sih yang nggak pengen punya rumah sendiri? Semua orang tentunya mendambakan memiliki rumah sendiri. Selain karena rumah merupakan salah satu aset fungsional dalam kehidupan, rumah juga menjadi salah satu kebanggaan manusia. Banyak orang berlomba-lomba untuk membangun rumah idamannya dengan segala desain terbaik. Namun, tak sedikit yang gigit jari karena keuangan yang tak mencukupi dan terpaksa harus memperpanjang kontrak rumah lagi. Nah bagi yang lagi merencanakan membangun rumah, coba deh tips-tips berikut ini supaya kalian tetap bisa membangun rumah dengan budget minim.

5 Tips Membangun Rumah dengan Budget Minim

Tips Membangun Rumah Dengan Budget Minim

1. Manfaatkan Lahan Kecil

Kata siapa lahan untuk membangun rumah harus luas? Ketika keuangan yang kamu miliki tak seberapa, maka kamu harus menyesuaikan budget dengan harga tanah jakarta selatan yang semakin melambung. Salah satunya dengan membeli lahan kecil untuk membangun rumah. Kamu bisa mengkreasikan rumahmu dengan gaya rumah dua lantai dengan lahan yang kecil. Selain menekan biaya pembangunan, pajak yang kamu bayar akan lebih murah juga loh.

2. Gaya Rumah Sederhana

Kamu bebas memilih gaya arsitek rumah idamanmu, baik tradisional atau modern. Namun yang harus kamu perhatikan adalah tidak berlebihan dalam memberi detail rumah sehingga biayanya pun tidak membengkak. Detail rumah yang rumit tentunya membutuhkan biaya yang rumit juga ya. Dengan gaya sederhana, kamu bisa menghemat biaya tukang, biaya perawatan rumah, dan biaya pembangunan rumah. Sederhana bukan berarti jelek kan?

3. Pilih Material yang Baik

Membangun rumah yang sederhana bukan berarti kamu menggunakan material semurah mungkin tanpa memperhatikan kualitas loh ya. Kamu nggak mau kan rumah yang kamu tempati harus melakukan renovasi berkali-kali karena kualitas material yang buruk? Yang terjadi justru biaya renovasi lebih besar dari biaya pembangunan. Nah untuk itu pastikan kalian melakukan riset penggunaan material yang baik. Banyak kok material murah tapi nggak murahan kualitasnya dan juga yang sesuai dengan budget kalian.

4. Pilih Material Low Maintenance

Apasih Low Maintenance itu? Low Maintenance itu bagaimana perawatan material rumah nantinya tidak menjadi beban yang besar buat kamu. Jangan sampe perawatan material yang kamu pilih justru menguras keuangan kamu. Kamu bisa coba mencocokkan kondisi lingkungan kamu dengan material yang telah pilih. Misalnya, jika kamu tinggal di daerah dingin, pilihlah material atap yang tahan terpaan dingin yang sanggup bertahan puluhan tahun. Atau pilih material tembok dan cat yang tidak gampang menyerap air dan tidak mudah terkelupas karena efek cuaca dingin.

5. Gunakan Jasa Desain Interior

Nah yang terakhir ini bisa jadi opsi penting kamu ya. Cobalah menggunakan jasa arsitek yang dapat membantu kamu mengolah budget untuk membangun rumah dengan baik. Nggak ada salahnya menggunakan jasa arsitek untuk kebutuhan jangka panjang rumah kamu. Seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, kalian bisa berdiskusi dengan arsitek kamu tentang bentuk rumah dengan lahan minim, gaya rumah yang sederhana, serta pemilihan material dan perawatannya.

Gimana? Sudah mulai berencana membangun rumah dengan budget minim? Sudah siap punya rumah sendiri kan? Dengan mengaplikasikan tips-tips diatas kalian bisa menekan biaya pembangunan seminim mungkin. Jangan lupa untuk mempersiapkan budget sedini mungkin ya. Ingat, lahan di setiap daerah semakin sempit dan melonjak harganya. Untuk itu, cerdaslah menggunakan kesempatan dan keuangan yang ada.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*