Pemilihan Warna Dinding Berdasarkan Psikologi Warna Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pemilihan Warna Dinding

Warna menjadi salah satu unsur yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Manusia menggunakan berbagai warna untuk memperindah suatu benda termasuk ruangan rumah. Berbagai cat dinding memverikan banyak pilihan warna bagi para pembelinya. Selain cat, masyarakat juga dapat menggunakan wallpaper dinding untuk memperindah ruangan rumah.

Warna tidak hanya digunakan dengan tujuan memperindah sebuah ruangan saja tetapi juga dapat mempengaruhi emosi seseorang yang melihatnya. Setiap warna memiliki pengaruh yang berbeda satu dengan yang lain. Berikut ini adalah 3 kelompok warna sesuai dengan psikologi warna.

Warna Netral

Warna netral merupakan kelompok warna yang tidak termasuk kedalam warna primer maupun warna sekunder. Warna netral biasanya terkesan biasa-biasa saja dan terlihat suram. Kesan biasa-biasa saja inilah yang membuat beberapa orang justru tertarik untuk menggunakan warna netral sebagai pelapis dinding ruangan.

Warna-warna mampu mempengaruhi emosi manusia yang melihatnya. Warna netral akan memberikan kesan nyaman dan santai karena tidak terlalu terang dan kontras. Penggunaannya juga dapat dipadukan dengan berbagai warna lain.

Warna Dingin

Warna dingin merupakan warna yang memberikan efek tenang dan teduh. Pada lingkaran warna, warna dingin dimulai dari warna hijau sampai warna ungu. Beberapa pilihan warna yang tersedia memberikan efek berbeda. Tetapi secara garis besar warna-warna tersebut mampu mensiptakan suasana tenang dan teduh.

Ruangan yang menggunakan warna ini sebaiknya disesuaikan dengan pencahayaan yang pas. Pencahayaan sebaiknya diatur sedemikian rupa sehingga ruangan tidak terlalu gelap. Warna dingin terkesan lebih gelap sehingga tidak terlalu memantulkan cahaya.

Warna Panas

Warna panas merupakan kelompok warna yang dimulai dari warna merah hingga kuning dalam lingkaran warna. Warna-warna tersebut terlihat lebih cerah dan terang. Penggunaan warna panas mampu menciptakan suasana ceria dan energik. Ruangan akan terasa lebih hangat dan cerah karena mampu memantulkan cahaya dengan baik.

Warna cerah juga lebih menarik perhatian. Orang-orang akan tertarik untuk melihat dan memperhatikan penggunaan warna ini. Perhatian yang diberikan ini karena warna yang terang dan mencolok.

Penggunaan warna cat maupun wallpaper dinding dapat disesuaikan dengan tujuan maupun suasana yang ingin dibangun. Ruangan seperti apa yang ingin dihasilkan serta tema apa yang ingin digunakan. Pemilihan warna juga dapat dilakukan berdasarkan warna favorit. Hal-hal tersebut akan mempermudah pemilihan warna apa yang cocok dengan konsep rumah nantinya.

Itulah beberapa pengelompokan warna yang dapat disesuaikan dengan efek yang diberikan. Secara rinci sebenarnya setiap warna memiliki pengaruh yang berbeda. Penjabaran tentang perbedaan fungsi warna bermaksud agar tidak terjadi kebingungan. Tetapi apabila ingin lebih yakin tentu pembaca bisa mencari pengaruh warna terhadap psikologi manusia yang membahas warna demi warna.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*