4 Keunggulan Lantai Vinyl, Material Lantai yang Tidak Menguras Kantong

Keunggulan Lantai Vinyl

Meskipun sering disepelekan, tetapi lantai sangat penting perannya. Pemilihan material untuk lantai pun tidak boleh sembarangan, karena berbeda fungsi ruangan maka berbeda pula material lantai yang harus dipakai.Banyak orang yang mengidamkan lantai kayu untuk huniannya karena terkesan natural dan klasik. Tetapi, lama-kelamaan bahan kayu semakin sulit didapat dan mengakibatkan melambungnya harga lantai kayu. Maka tentu saja dibutuhkan budget lebih jika Anda ingin memilih lantai kayu.

Untuk Anda yang memiliki dana terbatas jangan bersedih hati, karena masih banyak pilihan alternatif material lantai yang bisa Anda pilih. Tidak kalah dengan lantai kayu ataupun keramik, banyak material lantai yang hadir dengan motif, keunikan, dan tekstur yang beragam. Harga yang ditawarkan pun lebih ramah di kantong Anda. Salah satu alternatif material lantai yang patut Anda coba adalah vinyl. Lantai ini memiliki beberapa jenis,antara lain vinyl plank, vinyl tile dan vinyl roll.

Vinyl plank adalah vinyl yang tersedia dalam bentuk lembaran atau persegi panjang dengan ketebalan 2 mm sampai 3 mm. Vinyl jenis ini memiliki dua jenis permukaan, yaitu embossed dengan permukaan yang bertekstur seperti serat kayu dan non embossed dengan permukaan yang halus dan licin. Vinyl tile memiliki bentuk persegi empat dengan panjang dan lebar yang sama. Ukurannya antara 30 cm sampai dengan 50 cm. Vinyl jenis ini biasanya memiliki lebih banyak motif dan warna. Ketebalannya berkisar antara 1,5 mm sampai 3 mm. Selanjutnya adalah vinyl roll yang berbentuk seperti karpet dan dijual dalam bentuk gulungan. Ketebalan vinyl ini berkisar antara 0,5 mm sapai 2,2 mm. Meskipun lebih tipis dari vinyl jenis lain, tetapi vinyl roll memiliki tingkat kelenturan yang lebih tinggi.

Keunggulan Lantai Vinyl

Tidak seperti lantai kayu yang dibuat dari bahan alami, vinyl terbuat dari bahan sintetis. Lantai vinyl terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang memiliki tekstur sangat halus dan elastis. Vinyl merupakan pilihan alternatif yang patut dicoba untuk lantai rumah Anda, karena banyak sekali keunggulan lantai vinyl yang ditawarkan.

  1. Pemasangan yang Mudah

Tidak seperti material lantai lainnya, lantai vinyl cenderung lebih praktis. Bahkan Anda bisa memasangnya secara mandiri tanpa perlu bantuan ahli atau teknisi khusus. Hal ini tentu saja bisa menghemat biaya instalasi yang cukup mahal. Lantai vinyl dibuat cukup ramah terhadap pengguna karena sangat mudah direkatkan pada lapisan lantai ataupun keramik. Dalam pemasangannya juga tidak ada lem atau perekat khusus maupun teknik pemasangan lantai tertentu.

  1. Tersedia Dalam Berbagai Motif

Tidak hanya dikenal karena kepraktisannya, lantai vinyl juga dikenal dengan motifnya yang beragam. Mulai dari motif polos, kayu, sampai motif lain yang terdiri dari beragam warna. Jadi, apabila Anda sudah bosan dengan lantai rumah, Anda bisa dengan mudah menggantinya dengan motif lain sesuai selera.

  1. Daya Tahan yang Kuat

Lantai vinyl murah juga memiliki daya tahan yang cukup kuat. Apabila dirawat dengan baik, lantai ini bisa bertahan hingga 15 sampai 20 tahun. Selain itu material ini juga tahan api dan tahan air. Jadi material ini sangat aman untuk digunakan dan Anda juga tidak perlu khawatir tumpahan air minum akan merusaknya.

  1. Biaya Murah

Dibandingkan dengan lantai kayu atau keramik, vinyl bisa dijangkau dengan harga yang cukup murah. Vinyl dibandrol dengan harga kurang lebih Rp. 100.000 per meter persegi. Sehingga vinyl bisa menjadi alternatif material lantai terbaik untuk Anda yang menginginkan hunian dengan nuansa alami namun dengan dana yang terbatas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*