Ini Loh 4 Alasan Wanita Dilarang Merokok

Alasan Wanita Dilarang Merokok

 

Di dalam rokok memang tidak ada anjuran khusus, apakah pemakainya haruslah pria atau wanita. Baik untuk keduanya, rokok sama-sama dapat memberikan pengaruh buruk. Nah walaupun begitu, ternyata wanita lebih rentan dan lebih banyak mendapatkan kerugian dari rokok ini loh!

Hal ini dikarenakan wanita mengalami siklus hormonal, mengandung, hingga menyusui. Selain itu wanita juga memiliki organ rahim dan payudara. Nah lalu kira-kira bahaya apa sajakah yang bisa menghantui wanita bila merokok? Mari simak saja penjelasannya di bawah ini yuk!

4 Alasan Mengapa Wanita Dilarang Merokok

Hasil gambar untuk wanita batuk karena asap

 

 

Berikut merupakan kerugian yang akan dialami oleh wanita yang tidak mengindahkan aturan dan tanda dilarang merokok.

1. Kanker paru-paru

Bahaya pertama yang datang pada wanita perokok, baik aktif maupun pasif yaitu bisa terkena kanker paru-paru. Ciri-ciri dari penyakit ini adalah batuk, mudah lelah, muntah darah, nyeri dada, dan lain sebagainya.

2. Menstruasi tidak normal

Merokok dapat membuat siklus menstruasi menjadi tidak normal. Pendarahan yang dialami saat menstruasi akan berlangsung secara berlebihan dan juga akan menimbulkan nyeri kram yang luar biasa.

Selain itu merokok bisa menimbulkan keputihan pada wanita. Gangguan menstruasi bisa terjadi disebabkan karena rokok mengandung racun yang bisa menyebabkan hormon estrogen menurun.

3. Kanker payudara

Kanker payudara ditandai dengan adanya benjolan semacam tumor. Penyakit ini bisa diobati dengan cara terapi hormon, terapi radiasi, kemoterapi, hingga pembedahan. Selain itu, jika ingin sembuh penderita harus rutin olahraga, berhenti merokok, dan meminum minuman keras.

4. Kanker serviks

Menurut para ahli asap rokok dapat membawa zat beracun pada leher rahim. Racun tersebut bisa memicu infeksi Human Papilloma Virus yang bisa menyebabkan kanker dinding rahim. Jenis kanker yang satu ini merupakan jenis yang paling mematikan pada wanita. Kanker serviks bisa dibedakan menjadi karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma.

Nah itulah 4 alasan penting mengapa wanita dianjurkan atau dilarang merokok. Resiko dari merokok sangatlah besar dan berbahaya. Oleh karena itu sebagai wanita yang ingin selalu sehat dan bugar, sebaiknya jangan menjadi perokok aktif ataupun pasif.  Ingat, lebih baik kita mencegah daripada mengobati!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*