Ingin Lantai Rumah Menarik? Desain Lantai Dengan Cara Ini!

Desain Lantai

Bagian lantai adalah paling terakhir dikerjakan ketika mengerjakan konstruksi bangunan. Jadi pemilihan jenis lantai bisa disesuaikan dengan konsep interior yang diputuskan untuk diterapkan pada ruangan.  Usahakan menyesuaikan jenis material lantai dengan desain yang diinginkan agar hasilnya maksimal, pasalnya pilihan lantai akan berpengaruh pada suasana yang diciptakan pada ruangan tersebut.

Cara Mendesain Lantai Agar Dekorasi Indah

Mendesain lantai semakin diminati karena ruangan memiliki karakter dan membuat penghuni rumah nyaman menempatinya. Apalagi pola lantai sekarang beragam dan dipilih sesuai selera, Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat mendesain lantai yang dapat diterapkan.

1. Kesesuaian Dengan Tema Interior

Lantai yang akan dibuat disesuaikan dahulu dengan tema interior rumah. Gaya industrial bisa membuat lantai beton yang ditambah dengan waterproofing atau epoxy lantai dengan menggunakan jasa waterproofing atau pihak yang lebih ahli. Interior natural bisa pakai lantai kayu atau granit sedangkan gaya lain bisa paka keramik yang paling umum untuk pelapis lantai.

2. Material yang Cocok

Mendesain lantai selain menyesuaikan dengan gaya interior yang sudah dipilih, material harus menyatu dengan keseluruhan interior. Anda bisa memutuskan pakai keramik, granit, marmet, atau karpet sebagai pelapis lantainya. Material juga harus sesuai dengan warna ruangan agar bisa menyatu dengan sempurna.

3. Kekuatan Lantai

Ada bagian tertentu dari rumah yang butuh kekuatan lebih dari ruangan lainnya. Seperti dak beton hunian minimalis yang perlu jasa waterproofing untuk membuat lantai jadi kedap air dan lebih kokoh. Bagian yang sering tergenang air seperti kamar mandi atau ruang cuci juga bisa pakai cat epoxy sebagai extra kekuatan pada lantai dan tampilan yang mengkilap.

4. Perawatan Lantai

Desain lantai juga harus mempertimbangkan bagaimana akan merawatnya. Lantai keramik perlu disapu dan dipel. Lantai karpet perlu divacuum dan lantai kayu mudah tergores jadi perawatannya juga berbeda. Tiap material ada plus minusnya semua tergantung pilihan pemilik rumah.

Lantai jadi pelengkap interior yang bisa membuat ruangan lebi atraktif dan dekoratif. Walaupun demikian pertimbangkan semua hal termasuk material dan kekuatannya yang cocok tidak untuk penggunaan ruangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*