Ingin Jadi Penulis Profesional? Jangan Lakukan Hal Ini!

Ingin Jadi Penulis Profesional? Jangan Lakukan Hal Ini!

Di era digital yang semakin berkembang saat ini, menjadi seorang penulis adalah profesi yang banyak diimpikan oleh anak-anak muda.  Banyaknya media yang dapat dijadikan sarana menuangkan tulisan juga turut berperan dalam perkembangan dunia ‘tulis-menulis’ ini. Penulis-penulis baru banyak bermunculan dengan beragam ukuran kemampuan. Beberapa penulis baru yang sukses dengan karya-karya mereka membuat profesi penulis semakin menggiurkan. Selain itu, keleluasaan waktu juga menjadi salah satu faktor pendorong lain. Tidak heran, banyak orang yang mulai menawarkan jasa kepenulisan misalnya jasa copywriting.

Berbagai perusahaan yang berada dalam lingkung dunia digital selalu membutuhkan tenaga ahli untuk membuat content. Bagi penyedia jasa copywriting, ini adalah sebuah kesempatan yang bagus untuk menguji skill. Perusahaan tersebut umumnya mengutamakan pengalaman dan skill menulis yang dimiliki. Bagi penulis pemula, jangan khawatir! Kamu bisa menjadi penulis handal dengan menghindari berbagai hal berikut ini.

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Jika Ingin Menjadi Penulis Profesional

Menjadi seorang penulis yang baik perlu adanya ketekunan. Kamu harus memahami kebiasaan dan keperluan apa saja dalam bidang tersebut, sebab kemampuan menulis seseorang dapat meningkat melalui seberapa sering orang tersebut melakukannya. Nah selain mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam menulis tapi kamu harus tahu juga apa saja yang tidak boleh dilakukan.

1. Copy Paste atau Plagiat

Ini adalah kesalahan yang amat fatal bahkan bisa diperkarakan. Kamu wajib menghindari tindakan buruk ini, yang boleh dilakukan adalah mengutip, menyadur dengan catatan mencantumkan sumber.

2. Asal-asalan

Dalam menulis, kita perlu paham penggunaan tanda baca dan EYD yang benar. Hal ini diperlukan agar tulisan kita sesuai dengan aturan dan tidak awut-awutan.

3. Tidak Konsisten

Menulis merupakan kebiasaan. Oleh karena itu, konsistensi dalam menulis sangat diperlukan. Jika kamu berniat membuka jasa untuk copywriting, tentunya kamu harus konsisten. Konsistensimu juga dapat memengaruhi penilaian orang lain terhadap keprofesionalan.

4.  Tidak Melakukan Revisi

Melakukan penyuntingan ulang dalam hasil tulisan kita sangat diperlukan. Dari sini, kita dapat meneliti ulang barangkali menemukan typo dan kesalahan yang lain. Maka bila tidak melihat kembali tulisan bisa jadi banyak kesalahan yang tidak diketahui.

Itulah beberapa tips sebelum kamu memutuskan untuk menjadi seorang penulis lepas atau penyedia jasa penulis artikel .

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*