Awas! Hindara Bahaya Zat Tar Di Sekelilingmu

Bahaya Zat Tar

Himbauan dilarang merokok kini sudah tersebar di mana saja baik di media elektronik maupun media langsung. Mengingat bahaya zat tar terhadap kesehatan manusia yang semakin hari semakin mengerikan. Lingkungan yang saat ini mulai rentan terkontaminasi oleh zat tar juga sangat meresahkan masyarakat. Dampak yang diakibatkan oleh senyawa ini juga tidak main-main.

Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Zat Tar

Zat tar merupakan senyawa kimia berbahaya. Zat tar mampu merusak beberapa organ tubuh secara sistematik apalagi jika tar sudah bergabung dengan zat-zat bahaya lainnya maka akan membuat efek yang ditimbulkan bisa 3 kali lipat lebih parah.

Tak hanya pada rokok, zat tar juga bisa berasal dari bahan makanan seperti sate atau ayam bakar. Makanan yang diolah dengan cara dibakar bisa beresiko mengandung tar dengan kadar yang beragam. Itu mengapa orang Indonesia biasa menyediakan acar atau lalapan pada olahan makanan yang dibakar untuk menetralisir zat tar ini.

Pembakaran batu bara, minyak bumi, kayu dan juga bisa menimbulkan zat tar. Zat tar sendiri berwarna kecokelatan yang akan beredar di udara sampai asap itu hilang. Oleh karena itu hindari berada ditempat yang penuh asap pembakaran. Biasakan menggunakan masker untuk mengurangi asap berbahaya ini masuk ke dalam paru-paru.

Bahaya Zat Tar Bagi Kesehatan

Mengingat penyakit yang diakibatkan oleh zat tar ini sangatlah banyak dan merupakan penyakit-penyakit berat yang susah untuk di sembuhkan. Zat tar sendiri mampu mengiritasi dinding lambung yang dapat mengakibatkan rasa nyeri dan mual bagi siapa saja yang menghirupnya. Ini dia beberapa bahaya akibat zat tar.

1. Kesulitan bernafas

Zat tar banyak terdapat di rokok, jika zat terhirup oleh manusia akan mengendap di paru-paru dan mengganggu kerja dari rambut-rambut kecil pada permukaan paru-paru. Jika zat ini masuk melalui kerongkongan, aliran darah, dan pembuluh darah makameracuni sistem pernafasan sehingga membuat kesulitasn untuk bernafas normal. Itulah mengapa kini banyak himbauan dilarang merokok, agar tak semakin banyak zat tar yang terhirup manusia.

Tar yang menumpuk pada saluran pernafasan dan aliran darah akan membuat tubuh akan terasa mudah lelah. Jika tar sudah mengambil alih dua fungsi diatas maka akan berakibat fatal pada tubuh, pekerjaan kecilpun mampu membuat kondisi tidak fit. Aktifitas fisik juga akan menurun yang mengakibatkan tubuh tidak mampu melakukan hal-hal berat.

2. Dehidrasi

Penumpukan tar pada tubuh lama-kelamaan akan membuat penderita menjadi dehidrasi. Organ tubuh akan bekerja lebih keras sehingga kelelahan, hal ini yang membuat tubuh rentan sakit dan dehidrasi. Hindari terpapar langsung dengan asap rokok maupun asap pembakaran agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari bahaya-bahaya zat tar ini.

Informasi mengenai zat tar diatas bisa membantu untuk mengurangi jumlah penderita dari bahaya senyawa tar. Pastikan untuk menggunakan masker saat berada di kawasan berasap, perhatikan himbauan dilarang merokok dan mulailah menjaga lingkungan agar tetap bersih dari polusi sehingga organ tubuh tetap sehat dan normal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*