Traveling ke Luar Kota Dengan Sepeda Motor? Siapa Takut! Simak Tips Aman Berikut Ini!

sewa bus pariwisata depok

 

Traveling ke luar kota merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan menghibur, terlebih jika dilakukan selama liburan. Namun, kondisi jalan raya yang macet seringkali menjadi masalah yang sangat mengganggu perjalanan sehingga sebagian orang memilih traveling dengan motor. Bagi anda yang ingin menghindari kemacetan, tidak ada salahnya menggunakan cara ini, namun ada beberapa hal yang wajib diperhatikan demi kenyamanan dan keselamatan di jalan.Jika tidak berani kami menyarankan sewa bus pariwisata depok sebagai alternatifnya karna murah dan aman untuk berwisata

Tips Aman Traveling dengan Motor

Sebelum mencoba menggunakan motor untuk traveling dengan jarak yang jauh, ada beberapa tips yang wajib diperhatikan, terlebih bagi anda yang baru pertama kali mencoba. Dengan demikian, kekhawatiran akan segala kemungkinan buruk yang terjadi di jalan akan teratasi dan ini dia berbagai tipsnya.

1.Persiapan Kondisi Motor

Sebagian besar orang mengira bahwa traveling dengan berkendara motor harus menggunakan cc yang tinggi untuk  bepergian jauh. Padahal motor dengan cc 100 sekalipun bisa digunakan untuk traveling ke luar kota, asalkan melakukan persiapan motor yang maksimal.

Persiapan yang utama tentu berkaitan langsung dengan mesin motor yang akan berjuang keras menemani perjalanan anda. Pastikan kondisi mesin dalam keadaan baik, dan tidak terjadi kebocoran atau masalah lainnya. Selanjutnya barulah memperhatikan bagian lainnya seperti kondisi ban apakah masih tebal atau sudah tipis,  serta jok motor yang empuk agar nyaman untuk pengendaranya.

2.Persiapan Pengendara

Setelah kondisi motor dipastikan aman, selanjutnya perhatikan juga kondisi anda sebagai pengendara. Pastikan anda dalam keadaan sehat, dan tidak dalam masalah yang bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara. Jika kesehatan sedang kurang baik, serta banyak masalah yang sedang menjadi beban pikiran, lebih baik untuk menunda perjalanan.

Menggunakan motor membutuhkan keseimbangan yang baik, sehingga rawan terjadi kecelakaan jika pengendaranya tidak konsentrasi. Oleh sebab itu, persiapan kondisi fisik dan psikis pengendara harus dilakukan secara maksimal, terlebih jika perjalanan yang akan ditempuh cukup jauh.

3.Persiapkan Perbekalan Motor dan Pengendaranya

Ketika memutuskan untuk traveling menggunakan motor, maka ada dua jenis perbekalan yang harus di bawa, yakni motor dan pengemudinya. Bekal yang harus dibawa pengemudi motor diantaranya air mineral, obat-obatan ringan, kopi ataupun nasi dan snack. Namun perbekalan ini tidak wajib dibawa semua, karena anda bisa berhenti di supermarket sambil beristirahat selama perjalanan.

Sementara itu, perbekalan motor yang harus dibawa meliputi kunci motor, hingga ban serep untuk mengantisipasi kebocoran ban ketika di perjalanan. Bila perlu, bawa oli jika perjalanan cukup jauh, dan air mineral jika cuaca sedang panas, untuk menyiram ban motor agar tidak leleh terkena panasnya aspal.

4.Minimalisir Barang Bawaan

Tips terakhir agar perjalanan senantiasa aman dan nyaman adalah kurangi barang bawaan yang tidak terlalu penting, seperti pakaian, makanan dan sebagainya. Dengan demikian anda bisa duduk dengan area gerak yang luas tanpa banyak barang yang membuat pergerakan anda jadi terbatas.

Kalaupun jok motor memiliki kapasitas yang cukup luas dan tidak mengganggu posisi duduk anda, namun barang yang terlalu banyak tentu membuat beban motor semakin berat. Akibatnya, motor tidak bisa melaju dengan maksimal dan tarikan gas nya terasa lebih berat.

Jika sudah memperhatikan beberapa tips ini, maka jangan takut untuk melakukan perjalanan jauh dengan motor. Anda juga tidak perlu repot mencari motor dengan cc yang tinggi karena khawatir akan mengalami kendala di jalan. Justru  traveling dengan motor  akan lebih menyenangkan karena anda bisa terhindar dari macet dan sampai ke tempat tujuan lebih cepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*