Tips Membuat Desain Rambu yang Ramah dan Cantik

Tips Membuat Desain Rambu yang Ramah dan Cantik

Rambu merupakan petunjuk arahan atau larangan kepada khalayak untuk ketertiban dan keselamatan bersama. Oleh karena itu, rambu ditempatkan di wilayah yang banyak dikunjungi warga, bisa di jalan atau tempat umum lainnya. Rambu yang paling umum dan sering ditemukan biasanya rambu dilarang merokok yang umum ditemukan di fasilitas bersama seperti rumah sakit, puskesmas, bank, sekolah, perkantoran, atau fasilitas umum lainnya.

Rambu-rambu jenis ini biasanya memiliki desain yang standar berupa simbol larangan dan teks kaku jenis romans warna merah dengan lingkaran yang disilang serta latar belakang putih. Tak ada standar baku dalam pembuatan desain rambu seperti ini. Oleh karena itu, desainer seperti gosign harus memiliki kebebasan dalam menuangkan gagasannya ke dalam bentuk desain rambu yang ciamik dan tampak ramah.

Desain yang Menyapa dengan Ramah

Sering kita jumpai bentuk desain rambu yang kaku dan galak seperti tanda dilarang merokok, dilarang parkir di depan pintu, buanglah sampah di tempatnya, jangan berisik, dilarang menginjak rumput, harap antre, dan bentuk larangan lainnya. Bentuk desain seperti ini sudah sepatutnya dihindari.

Sebenarnya pesan dari desain larangan dan arahan tidak harus kaku dan galak seperti itu. Pesan dari desain rambu bisa kita sampaikan dengan cara yang lebih ramah dan bersahabat. Kita bisa mengisi pesan dengan diksi terima kasih Anda tidak merokok, terima kasih telah membuang sampah di tempatnya, peliharalah taman kita dan sapaan ramah lainnya.

Bentuk desain tidak kalah pentingnya untuk menciptakan efek ramah ini dengan jenis huruf comic atau arial. Hindari warna merah tebal pada huruf, akan lebih cantik dan bersahabat jika menggunakan warna hijau atau biru. Gunakan ilustrasi garis lengkung warna muda di bagian latar belakang untuk menambah kesan ramah.

Ikon atau simbul yang menyertai teks usahakan yang berbentuk kartun berwarna hijau atau biru, jangan hitam. Bila perlu tambahkan juga ornamen dengan warna lembut untuk menghindari tumbukan dengan desain teks.

Rambu Lalulintas

Rambu jenis ini merupakan perkecualian yang tidak dapat diubah baik desain, warna, dan ukuran karena sudah diatur berdasarkan Undang-undang Lalu Lintas,  Angkutan, dan Jalan Raya. Selain rambu ini, para desainer memiliki kebebasan dalam berkreativitas yang cantik dan juga ramah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*