Tak Hanya Sesuai Ukuran, Inilah Macam – macam Bus Berdasarkan Jarak Tempuhnya

Macam - macam Bus

Semua orang pasti sudah familiar dengan bus dan mayoritas masyarakat Indonesia pasti sudah pernah menaikinya. Bus memang menjadi salah satu transportasi umum andalan untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Banyaknya aktivitas yang membutuhkan kendaraan dengan daya tampung besar membuat bus semakin digemari. Muncul berbagai biro perjalanan yang berlomba-lomba mencari penumpang dengan mengakomodasi kebutuhannya.

Berbagai biro perjalanan menggunakan berbagai cara agar masyarakat tertarik untuk menggunakan jasa mereka. Salah satu hal yang biasa dilakukan adalah memberikan promo murah pada hari-hari tertentu. Biro perjalanan juga akan melengkapi armadanya dengan berbagai macam bus seperti yang dilakukan jasa sewa bus pariwisata Jakarta Timur. Penyebutan bus pariwisata dan bus lainya ini dibedakan oleh jarak tempuh yang harus dilalui.

Macam – macam Bus Berdasarkan Jarak Tempuhnya

Penyebutan bus pariwisata dan bus lainya ini dibedakan oleh jarak tempuh yang harus dilalui, berikut adalah klasifikasinya.

1. Bus Kota

Bus jenis ini biasanya memiliki daerah operasi satu kota saja. Penggunaanya untuk memfasilitasi penumpang yang akan melakukan perjalanan jarak pendek dalam kota. Bus kota merupakan salah satu transportasi yang ditujukan untuk para penumpang melakukan aktifitas sehari-hari. Jarak yang dekat membuat bus jenis ini dilengkapi dengan tempat berdiri sehingga mampu menampung lebih banyak penumpang. Contoh bus dalam kota adalah Transjakarta, Kopaja dan lain sebagainya.

2. Bus Antarkota

Bus antar kota memiliki daerah operasi yang lebih luas jika dibandingkan dengan bus kota. Bus antarkota sudah pasti digunakan untuk mengakomodasi penumpang yang akan melakukan perjalanan jarak jauh yang melewati berbagai kota. jarak yang jauh membuat bus jenis ini tidak dilengkapi dengan tempat berdiri bagi penumpang. Bus antar kota dibedakan lagi kedalam dua jenis yaitu bus anatrkota dalam provinsi dan luar provinsi.

3, Bus Pariwisata

Bus pariwisata merupakan jenis bus yang menjadi kerabat dan sahabat instansi-instansi pendidikan. Banyak instansi pendidikan menggunakan jenis bus ini untuk melakukan study tour atau sejenisnya. Bus ini digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas didalamnya. Fasilitas yang ada di bus pariwisata di antaranya TV, AC, Tempat duduk yang nyaman.

Berbagai jenis bus tersebut ditawarkan oleh biro-biro perjalanan. Sewa bus pariwisata Jakarta Timur menjadi salah satu biro perjalanan yang dapat dijadikan pilihan dalam melakukan sebuah perjalanan.

Berbagai bus dimiliki oleh perusahaan swasta, tetapi tidak sedikit juga bus yang dioperasikan oleh perusahaan negara. Penumpang dapat memilih sendiri jenis bus yang akan digunakan sebagai teman perjalanan. Menggunakan bus ini memang memberikan banyak kelebihan salah satunya mengurangi kemacetan. kemacetan akan berkurang kalau banyak penumpang lebih memilih kendaraan umum bus ketimbang kendaraan pribadi.

Bus memang menjadi transportasi umum yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Sayangnya beberapa bus kurang memperhatikan kenyamanan penumpang sehingga tidak jarang bus tidak menjadi pilihan teman perjalanan sebagian orang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*