Struktur Beton Lebih Kokoh dengan Bantuan Tulangan Beton

Jika anda tengah melakukan suatu proyek pembangunan  baik itu gedung, perumahan, rumah sakit, jembatan, hingga jalan tol dan lainnya pasti tidak asing dengan istilah ” beton bertulang”. Jenis beton yang satu ini menggunakan tulangan baja didalamya untuk memberikan kekuatan tarik, sehingga beton yang nantinya digunakan sebagai struktur bangunan tidak mudah retak akibat adanya tegangan tarik. Pada mulanya baja tulangan dibentuk terlebih dulu menggunakan bar cutter dan bar bender agar tercipta pola rangka yang sesuai dengan konsep arsitektural.

Struktur Beton Lebih Kokoh dengan Bantuan Tulangan Beton

Bangunan Lebih Kokoh Hanya dengan Struktur Tulang Beton

Beton memang sepertinya tidak dapat dipisahkan dari berbagai proyek konstruksi, kekuatan tekan dari beton memang tidak dapat dibandingkan dengan jenis material bahan bangunan lainnya. Material yang terbuat dari perpaduan antara agregat kasar. agregat halus serta air terkenal ini dengan kekuatan tekan yang tinggi, namun memiliki kelemahan pada kekuatan tarik, sehingga memang diperlukan perpaduan menggunakan tulangan salah satunya besi dowel agar beton memiliki kedua kekuatan tersebut.

“Baca juga: Trik Reparasi Kerusakan Pada Sudut Tembok

Untuk lebih jelasnya,berikut ini terdapat beberapa kehebatan dari beton bertulang yang dijamin akan membuat anda terkagum dengan hasilnya!

  1. Struktur beton yang ditambahkan tulangan seperti besi dowel memiliki kuat tekan yang relatif lebih baik daripada struktur yang tidak menggunakan tulangan.
  2. Jika tipe beton ini di terapkan dalam konstruksi struktur seperti jembatan, jalan tol, dan pondasi maka dirasa dapat menghemat biaya.
  3. Tingkat durabilitas yang dimiliki beton bertulang tergolong tinggi dan baik sekali, sehingga tidak mudah mengalami “patah struktur” saat dikenai beban statis dan dinamis dalam jangka waktu tertentu.
  4. Beton bertulang juga tahan terhadap paparan air dan api, sehingga strukturnya akan tetap kokoh,hal ini berbeda dengan penggunaan jenis material lain.
  5. Pembuatan untuk beton bertulang ini tergolong sangat mudah, sehingga dapat dikerjakan oleh tenaga yang tidak ahli sekalipun.
  6. Pemeliharaannya pun tergolong mudah dan tidak sulit, sehingga anda tidak akan menyulitkan anda nantinya.

Bagimana menurut anda mengenai beton bertulang ini ? pastinya anda akan berpikir bahwa jenis beton ini memiliki banyak kehebatan yang akan membantu bangunan lebih kokoh dari sebelumnya. Di Indonesia sendiri hampir seluruh proyek pembangunan menggunakan beton bertulang ini, hal ini karena jaminan hasil struktur pada konstruksi yang tidak perlu diragukan lagi. Info lebih biasa anda lihat selengkapnya disini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*