Strategi Bisnis Online Paling Manjur Untuk Pemula

Strategi Bisnis Online

Bisnis oline dewasa ini menjadi bisnis yang sangat menggiurkan. Hal ini dikarenakan gaya masyarakat yang mulai berubah di mana masyarakat lebih suka berbelanja melalui online. Selain itu bisnis online dapat dilakukan dengan modal yang minim, bahkan tanpa modal sekalipun seperti jasa penulis artikel

Walaupun mudah untuk dilakukan, bisnis online sangat banyak pelakunya sehingga kompetitornya cukup ketat dan kuat. Untuk itu perlu adanya strategi tertentu agar bisnis online dapat berjalan dengan baik dan mampu bersaing di pasaran online.

Strategi Bisnis Online Pemula

Strategi Bisnis Online

Sebagai pemula, tentu melakukan bisnis online tidak semudah membalikkan tangan di mana kamu tidak dapat langsung mendapatkan pasar yang untung. Perlu melewati waktu dan upaya untuk menggapainya. Bagi pemula, ada beberapa strategi yang harus diperhatikan agar bisnis online berjalan lancar. Yaitu:

1. Tentukan tujuan yang pasti

Untuk memulai bisnis online kamu tentu harus memiliki tujuan yang pasti karena bisnis online tidak akan berjalan dengan baik jika niatnya tidak yakin. Pastikan tujuan untuk menambah penghasilan juga untuk memberikan manfaat kepada orang lain/ konsumen. Jangan sampai kamu berbisnis online dengan tujuan yang salah hingga merugikan konsumen.

2. Mulailah dengan berjualan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa masyarakat kita saat ini adalah masyarakat yang suka dengan berbelanja melalui online. Oleh karenanya mulailah dengan bisnis yang memiliki potensi pasar yang tinggi, yaitu berjualan. Kamu dapat berjualan produk-produk yang dipakai sehari-hari oleh masyarakat umum seperti pakaian, makanan dan minuman, elektronik, dan lain-lain.

3. Bisnis online tanpa mengeluarkan modal?

Sebagai pemula, kamu dapat mencoba bisnis online tanpa modal yang fungsinya agar tidak merugikanmu. Apakah bisa bisnis online tanpa modal? Tentu saja bisa. Kamu hanya perlu modal sedikit waktu dan kuota internet sudah bisa mendapatkan keuntungan. Caranya adalah dengan menjual produk orang lain seperti menjadi dropshiper, reseller, afiliator dari produk suatu vendor, dan bermitra dengan produsen. Selain menjual produk, kamu juga dapat menawarkan jasa seperti menjadi penulis freelancer, menawarkan jasa video grafis, desain grafis, agen properti, tutorial online, dan masih banyak lagi.

4. Online shop

Saat kamu berjualan produk melalui online maka yang harus kamu lakukan adalah menjajakannya pula secara online. Kamu dapat bekerja sama dengan marketplace besar seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Olx, dan masih banyak lagi.

Jika produk kamu sudah memiliki brand yang besar di pasaran, maka buatlah website sendiri agar kamu dapat meraih dua keuntungan sekaligus yaitu dari produk yang terjual dan dari trafic website.

5. Promosi melalui media sosial

Selain menggunakan marketplace, cara lain untuk mempromosikan produk yang kamu jual adalah dengan mempromosikannya melalui media sosial. Dewasa ini media sosial merupakan media yang sangat akrab dengan masyarakat di mana hampir setiap hari, jam bahkan menit masyarakat mengakses media sosial. Untuk itu promo produk melalui media sosial merupakan pilihan yang tepat. Media sosial yang dapat digunakan untuk promo adalah instagram, facebook, twitter, bahkan YouTube.

6. Bergabung dengan komunitas bisnis

Komunitas bisnis merupakan wadah yang cukup bagus untuk melancarkan bisnis online kamu karena selain menambah relasi bisnis online, dalam komunitas bisnis online juga kamu dapat mempelajari strategi-strategi baru dalam berbisnis online, informasi baru mengenai bisnis, hingga update pasar yang sedang trend. Dalam komunitas bisnis juga kamu dapat menjalin kerjasama dengan pembisnis lain sehingga keuntungan yang kamu dapatkan akan semakin tinggi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*