Ringkasan Sepuatar Ruang Lingkup Konstruksi Industri, Mahasiswa Konstruksi Wajib Baca!

Ringkasan Sepuatar Ruang Lingkup Konstruksi Industri, Mahasiswa Konstruksi Wajib Baca!

Ruang Lingkup Konstruksi Industri 

Konstruksi Industri adalah kegiatan membangun suatu obyek tertentu. Bisa berupa sarana dan prasarana seperti jalan, gedung, hingga pertambangan, yang terbentuk dalam suatu rancangan yang terencana oleh seorang profesional seperti teknik sipil atau arsitektur.

Konstruksi biasanya berkaitan dengan perusahaan kontraktor sebagai pelaksana pembangunan yang mebuat obyek-obyek besar, meliputi infrastruktur umum, termasuk rancangan konstruksi, dan struktur-struktur bangunan.

Apa Sih yang Dimaksud Konstruksi Industri? 

Konstruksi industri merupakan bangunan berupa tempat, akses jalan, dan bangunan yang berdiri dusuatu wilayah dengan tujuan untuk industri berat dan atau industri dasar, seperti perusahaan, pabrik, pertambangan baik kilang minyak, batu bara maupun logam mulia, pusat penelitian tenaga nuklir, pembangkit listrik, bendungan dan lain sebagainya.

Dalam usaha pembangunan ini biasanya pihak pertama akan menggunakan jasa pihak ketiga yaitu perusahaan kontraktorSelain membuat bangunan, perusahaan ini bertanggung jawab atas perencanaan, penghitungan, pengawasan, dan pelaksanaan saat proses pembangunan tengah berlangsung hingga selesai.

Saat ini pandangan orang awam mengenai profesi kontsruksi dianggap sebagai pekerjaan yang kasar. Siapa sangka ternyata mereka memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan infrastruktur dalam suatu negara. Konstruksi industri menyerap ratusan ribu pekerja setiap tahun, dan memberikan mereka kehidupan yang lebih layak dari sebelumnya.

Peran kemajuan konstruksi industri juga berpengaruh sangat besar terhadap industri lainnya. Konstruksi industri membuka peluang besar pada pasar perusahaan industri lainnya seperti industri besi, industri semen, industri pasir, industri agregat, industri paku, industri cat tembok, besi, dan kayu, industri beton, industri alat-alat pertukangan serta masih banyak lagi contoh lainnya.

Secara tidak langsung pengaruh konstruksi industri juga menjamah hal yang lebih luas seperti perkembangan teknologi, kendaraan, gedung pencakar langit, arsitek, drafter, dan konsultan insfratruktur. Adanya kontruksi industri mampu memberikan kesejahteraan bagi orang banyak baik yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung.

Dalam sebuah kontruksi industri tidak semulus yang dibayangkan. Semakin besar konstruksi yang dipesan semakin tinggi pula tingkat kesulitannya. Misal kontruksi kilang minyak. Perusahaan konstruksi tidak hanya memikirkan model bangunan, dan tata letak ruang, namun juga memikirkan kekuatan bangunan saat dihantam gelombang besar serta kekuatan jangkarnya.

Selain itu mereka juga harus memikirkan akses untuk menuju lokasi. Karna bangunan yang kokoh dan baik tidak akan berfungsi jika tidak ada akses menuju lokasi.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*