Ragam Keunggulan Proses Sablon Kaos Digital Printing Dibandingkan Sablon Konvensional

Ragam Keunggulan Proses Sablon

Sebagai salah satu teknologi mutakhir dalam dunia percetakan digital pada bahan garment atau kain, industri kaos digital printing memang melaju dengan pesat. Industri ini tidak hanya disandarkan pada faktor ekonomi semata, namun lebih dari semua itu, pemanfaatan teknologi percetakan digital untuk kaos juga dimaksudkan sebagai estetika, life style, campaign, dan juga alasan-alasan menarik lainnya.

Dibandingkan dengan teknologi sablon kaos konvensional, metode kaos percetakan digital tentu memiliki lebih banyak keunggulan. Keunggulan tersebut misalnya dari sisi kecepatan, kemudahan, kepraktisan, presisi ukuran, ketepatan jenis warna dan lain semacamnya.

Berbagai  Keunggulan Utama Sablon Kaos Digital Printing

Keunggulan Proses Sablon

Berikut adalah uraian lengkap berbagai keunggulan sablon kaos menggunakan metode percetakan digital atau digital printing tali id card , dibandingkan metode sablon kaos dengan teknologi manual atau konvensional.

Proses yang Lebih Mudah

Keunggulan pertama dari teknologi percetakan digital dibandingkan dengan percetakan konvensional pada industri kaos adalah kepraktisannya. Proses desain, proses cetak, penyesuaian warna, presisi ukuran, dan lain sebagainya, semua dilakukan dalam sebuah rangkaian instruksi komputer. Kemudahan ini memungkinkan seorang operator sablon kaos hanya memastikan bagian-bagian pokoknya saja.

Pada metode kaos cetak digital, operator hanya perlu membuat sebuah desain dalam komputernya. Setelah proses desain selesai, dan portopolio desain komputer sudah dianggap cocok seperti yang diinginkan, maka proses cetak dapat dilakukan dengan hanya menekan tombol ‘print’. Selanjutnya dengan menunggu lima hingga sepuluh menit, corak atau gambar yang ingin dicetak pada kaos sudah bisa dilihat hasilnya dan digunakan.

Bahan kaos polos yang akan menjadi media cetak, diletakkan pada media printer yang akan mencetak motif dan corak pada permukaan kaos. Kesesuaian warna, detail motif akan sangat jelas terlihat dengan menggunakan metode teknologi digital printing.

Tidak Ada Minimal Order

Jika sablon kaos manual membutuhkan minimal order untuk dapat dieksekusi, maka kaos dari digital printing atau DTG sama sekali tidak membutuhkan persyaratan tersebut.

Seberapa pun jumlah kaos yang dicetak tidak akan menjadi masalah. Hal ini berkorelasi pula dengan biaya dan proses yang mudah. Biaya yang lebih ekonomis serta proses yang lebih mudah membuat teknologi DTG pada kaos menjadi semakin sederhana sekaligus juga efektif.

Kualitas Gambar Sangat Bagus

Gambar yang dihasilkan oleh perangkat canggih komputer tentu saja memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada gambar yang dicetak oleh teknik manual. Detail-detail perbedaan warna, garis-garis identitas, atau mimik ekspresi pada gambar akan lebih jelas terbaca. Pada beberapa keperluan seperti campaign dan ceremonial, berbagai detail gambar yang lebih jelas tentu sangat dibutuhkan.

Lebih Hemat Dalam Waktu Pengerjaan

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencetak sebuah kaos dalam percetakan sablon konvensional?

Tergantung keterampilan, pengalaman dan juga alat yang digunakan. Namun secara umum proses cetak kaos konvensional membutuhkan paling tidak satu hari kerja untuk menghasilkan kualitas yang bagus. Rangkaian proses ini akan sangat melelahkan karena tuntutan berbagai langkah yang dilakukan secara cepat.

Sekarang, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencetak kaos dengan metode DTG? Paling lama dibutuhkan setengah jam  atau bahkan lima menit saja seumpama desain sudah ada dan tinggal melakukan proses cetak. Ini tentu saja sangat mampu menghemat waktu pengerjaan secara signifikan.

Lebih Hemat Biaya

Keunggulan terakhir dari teknologi sablon kaos digital printing adalah juga mampu menghemat dari segi biaya, atau lebih ekonomis. Dengan mesin printer DTG, proses transfer paper yang biasa digunakan pada sablon manual tidak perlu dilakukan. Dan hal ini tentu saja mampu memangkas biaya produksi secara lebih signifikan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*