Pengertian, Jenis dan Karakter Bidang dalam Desain. Anak Desain Wajib Tau!

Pengertian, Jenis dan Karakter Bidang dalam Desain. Anak Desain Wajib Tau!

Bagi mereka yang suka dengan desain mungkin sudah terbiasa dengan yang namanya bidang, baik desainer tiket gelang wristband atau nametag pasti sudah biasa dengan hal yang satu ini. Yup, Bidang. Setiap desain yang dibuat pasti memiliki elemen bidang.

Apalagi, para penggiat usaha nametag dengan bahan tali lanyardBidang dari desain yang dibuat haruslah presisi dan tetap nyaman untuk dilihat.

Bidang sendiri merupakan satu dari berbagai macam elemen yang ada dalam desain. Elemen lain yang ada dalam desain mencakup garis (line), bentuk (shape), tekstur (texture), ruang (space), ukuran (size), warna (colour). Namun sebenarnya, apa sih bidang itu dan bagaimana pemanfaatannya? Bagi kamu yang memiliki usaha tiket gelang wristbandkamu harus tau banget hal yang satu ini!

Pengertian Bidang

Bidang atau yang dalam bahasa Inggris disebut shape dapat diartikan sebagai semua bentuk apapun yang memiliki dimensi tinggi dan juga lebar. Bidang juga bisa berupa bentuk-bentuk geometris seperti segitiga, lingkaran, segilima, segiempat, elips, dan yang lain bahkan dengan bentuk yang tidak beraturan. Bidang geometris sendiri memiliki kesan yang lebih formal. Sementara itu, sebaliknya, bidang non geometris memiliki kesan yang lebih dinamis dan juga tidak formal.

Bidang sendiri dibagi lagi menjadi dua jenis. Yaitu bidang alamiah dan bidang buatan. Bidang alamiah merupakan bidang yang diciptakan oleh tuhan di Muka Bumi dan sekelilingnya seperti sawah, laut, langit dan sebagainya. Sedang bidang buatan adalah yang diciptakan manusia, seperti misalnya persegi dan segitiga.

Buat kamu yang biasa dengan desain nametag mengenakan tali lanyard cetak id card, kamu pasti sering memadukan antara kedua bidang ini yaitu bidang geometris dan bidang non geometris. Tentunya dengan perpaduan yang tepat, bidang ini menciptakan hal yang indah

Sifat dan Karakteristik Bidang

  1. Bidang Bundar: Bidang bundar memiliki kesan santai yang kadang bergerak namun kadang juga stabil
  2. Bidang Horizontal dan Vertikal: Bidang ini memberikan kesan tenang dan teratur
  3. Bidang Gelombang: Memberikan kesan yang bergelombang dan berirama dan membuat gambar lebih hidup
  4. Bidang Segitiga: Memberi kesan statis yang juga dinamis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*