Pengertian dan Karakteristik Tulisan Feature Dijelaskan Lengkap Disini

Karakteristik Tulisan Feature

Setiap harinya, kita sering sekali mengakses banyak informasi dalam bentuk tulisan yang disajikan oleh portal media tertentu. Namun apakah kita sadar bahwa ternyata banyak tulisan yang disajikan bentuknya adalah tulisan Feature?

Ya, tulisan feature bagi masyarakat awam merupakan tulisan yang masih terdengar sangat asing.  Namun berbeda dengan kelompok-kelompok yang bergelut dalam bidang tulis menulis seperti reporter, jasa penulis artikel seo murah, dan lain lain yang sudah sangat akrab dengan tulisan feature.

Pengertian dan Karakteristik Tulisan Feature

Dari sisi kebahasaan, feature dalam KBBI diterjemahkan menjadi “karangan khas” sedangkan dalam bahasa Inggris feature berarti “mengutamakan” atau “menonjolkan”. Sedangkan secara pengertian utuh, feature merupakan karya jurnalistik yang disajikan menggunakan gaya sastra yang bercerita seperti novel maupun cerpen. Di sisi lain feature juga terkadang merujuk pada sumber infromasi seperti radio atau televisi yang disajikan layaknya sebuah drama ataupun sandiwara radio, hanya saja cerita yang termuat dalam feature adalah cerita berdasarkan kisah nyata, adapun opini-opini yang kerap disisipkan di dalamnya juga berdasarkan kisah nyata.

Karena feature merupakan tulisan jurnalistik yang walaupun dibalut dengan gaya sastra, penulisannya tetap harus mengikuti kaidah klasik seperti menggunakan rumus 5W + 1H (what, when, where, when, why dan how).

Ada dua ciri khas yang membedakan tulisan feature dengan tulisan lain, yaitu:

  1. Human interest. Artinya tulisan yang tertuang adalah tulisan fakta yang mampu menggugah emosi pembaca baik itu lucu, menyedihkan maupun mengharukan.
  2. Gaya sastrawi. Artinya tulisan yang tertuang adalah tulisan dengan gaya sastra seperti novel maupun cerpen.

Selain itu, tulisan feature juga memiliki beberapa karakteristik yang cukup menonjol, yaitu:

1. Kreatif

Ya, bagaimana tidak disebut sebagai tulisan kreatif. Feature “memaksa” penulisnya untuk menceritakan sebuah kisah nyata dalam bentuk novel atau cerpen yang isinya harus menggugah emosi pembacanya. Opini yang tertuang juga haruslah opini yang berkesesuaian fakta berdasarkan riset penulis.

2. Subjektif

Dalam menulis featur penulis boleh menggunakan tokoh “aku” atau sudut pandang pertama sehingga penulis dapat leluasa mengungkapkan emosi ceritanya.

3. Informatif

Memang berbeda dengan karya jurnalistik lain yang memberikan berita langsung, feature biasanya memberi informasi dari aspek-aspek kehidupan yang diceritakan di dalamnya.

4. Menghibur

Feature merupakan karya jurnalistik yang mampu menggugah emosi pembaca yang bentuknya dapat menyedihkan, mengharukan, membahagiakan bahkan membuat pembacanya tertawa terbahak-bahak. Karenanya feature kerap disebut sebaai tulisan yang menghibur.

5. Awet

Feature bukan tulisan yang berlaku untuk waktu tertentu saja, tapi feature adalah tulisan yang awet dan tetap segar walaupun dibaca bertahun-tahun setelah tulisannya terbit.

Menulis feature memang cukup sulit, namun jika terus dibiasakan seperti para jurnalis dan jasa penulis artikel seo yang menjadikan feature sebagai “makanan” keseharian, feature menjadi tulisan yang sangat mudah dikerjakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*