Pengaruh Industri Rokok Terhadap Kota Kudus

Pengaruh Industri Rokok Terhadap Kota Kudus
Pengaruh Industri Rokok Terhadap Kota Kudus

Kudus cukup dikenal sebagai salah satu kota industri karena ada 2 ( dua ) jenis industri lumayan besar yang telah beroperasi yaitu industri kertas yang mengolah kertasnya untuk PURI (Perusahaan Uang Republik Indonesia) dan industri rokok (kretek). Industri dari rokok inilah menjadi penyumbang paling besar perekonomian di kota Kudus.

Kretek menjadi Sumber Perekonomian

Kudus menjadi kota yang telah mempopulerkan industri kretek ini karena kretek pertama dibuat oleh Nitisemito dengan nama pabriknya yaitu Tjap Bal Tiga dan telah mempekerjakan sebanyak puluhan ribu jiwa orang. Walaupun sudah banyak tempat yang memasang peringatan dilarang merokok, tidak membuat pabrik rokok tutup. Namun kota Kudus malah menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam penerimaan cukai pada tahun 2018 yang berkisar sekitar Rp 31,3 triliun. Hal ini berarti meskipun kota Kudus tidak berada di pusat suatu kekuasaan, namun mempunyai peran cukup penting di perekonomian Indonesia. Hal itu karena pabrik kretek yang ada di Kudus dapat memberikan kontribusi yang cukup besar.

Kudus yang luas wilayahnya hanya berkisar 42,516 hektare dan merupakan salah satu kabupaten yang mempunyai luas wilayah terkecil di seluruh Jawa Tengah, tetap membuat perekonomian kota Kudus menjadi yang terkuat di area Jawa Tengah. Hal ini dapat dibuktikan dengan peran penting dari Kudus yang telah menyumbang sekitar 7% sampai 8% terhadap PDRB Jawa Tengah di tahun 2013 sampai tahun 2016.

Semua pencapaian yang telah dibahas di atas tentu bisa terwujud karena peran industri – industri yang ada di Kudus terutama industri rokok kretek dan juga industri kertas. Industri rokok kretek menjadi penyumbang perekonomian terbesar bagi kota Kudus, meskipun sudah ada spanduk peringatan dilarang merokok di kampanyekan oleh pemerintah tidak membuat industri rokok di kota Kudus menjadi surut. Tidak bisa dibayangkan apabila industri rokok kretek tidak berjalan lagi, maka roda perekonomian di Kudus akan terhenti dan kemungkinan mati. Rokok dapat menjadi salah satu alat yang membunuh, karena sedikit demi sedikit membuat kesehatan paru – paru menurun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*