Panduan Lengkap Terupdate Belajar SEO Buat Pemula

Belajar SEO Buat Pemula

Buat kamu yang memiliki website wajib banget buat update dan belajar tentang perkembangan SEO, jika tidak maka website yang kamu miliki tidak akan berada pada peringkat atas. Hal tersebut bisa saja terjadi karena setiap bulan algoritma Google selalu berubah-ubah. Agar mampu bertahan pada peringkat atas kamu harus mempengaruhi strategi SEO terbaru, mulai dari konsep dasar hingga optimasi SEO on page dan off page.

Belajar SEO Buat Pemula

Langkah-langkah Belajar SEO Terbaru

Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan untuk melakukan optimasi SEO, kamu bisa melakukannya dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Kenali konsep dasar dalam SEO

Agar website berada di peringkat atas optimasi SEO harus dilakukan dengan maksimal, karena pada realitanya banyak pengunjung yang hanya akan mengunjungi satu halaman depan saja di google mesin pencari, sehingga jika website kamu berada pada halaman ke dua dan selanjutnya maka kemungkinan dikunjungi sangatlah kecil. Untuk memaksimalkan SEO kamu harus tahu indikator-indikator apa saja yang ada di dalam SEO, selain itu lakukan juga optimasi website, lakukan riset keyword, buatlah konten yang berkualitas menggunakan jasa penulis artikel , serta optimalkan seo on page dan seo off page.

2. Optimalkan website kamu

Langkah utama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu untuk mendapatkan peringkat atas adalah memaksimalkan website. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan, mulai dari optimalkan kecepatan website, loading yang lama hanya akan membuat pengunjung malas untuk mengunjungi webste kamu dikemudian hari, oleh sebab itu pastikan loading website maksimal 3 detik. Langkah kedua mengoptimalkan website adalah dengan menginstal SSL atau TLS, website ini sangat aman karena semua data yang ada di dalam website sudah dienkripsi. Langkah ketiga ialah dengan mengoptimalkan perangkat mobile, apalagi di negara kita banyak pengunjung yang mengakses dengan menggunakan handphone. Langkah keempat yaitu dengan membuat sitemap XML dan HTML, sitemap HTML diakses oleh pengunjung sedangkan sitemap XML diakses oleh mesin pencari. Adapun fungsi dari sitemap yaitu untuk memudahkan pengunjung menemukan halaman yang ada pada website kamu. langkah yang kelima adalah dengan memasang Google analytics, yang berguna untuk mengidentifikasi perilaku pengunjung. Jangan lupa juga untuk memasang Google Search Console dan Yoast SEO yang memiliki banyak sekali manfaat.

3. Lakukan riset keyword dan buatlah konten yang menarik

Kualitas konten di dalam website harus diperhatikan dengan baik, konten yang jelek hanya akan membuat pengunjung malas untuk mengunjungi website kamu lagi. Adapun ciri-ciri konten yang bagus bisa dilihat dari kelengkapan isi konten, mengulas secara detail niche yang ingin kita cari. Untuk mendapatkan konten yang bagus kamu harus memulainya dengan memilih judul yang bagus dan menarik, yang membuat pengunjung penasaran dengan isi kontennya.

4. Optimasi SEO On page

Konten yang bagus tidak akan berarti jika kamu tidak melakukan optimasi pada SEO on page. Mulailah dengan melakukan permalink, pemanfaatan heading, penambahan media visual, penggunaan LSI keyword dan juga mengatur link.

5. Optimasi SEO Off page

Selanjutnya lakukan SEO On Page agar kualitas website kamu semakin berkualitas. Adapun optimasi seo of page digunakan untuk faktor-faktor eksternal pada website, salah satunya dengan cara backlink atau yang dikenal dengan nama inbound link.

Belajar SEO tidak ada habisnya, kamu dituntut untuk selalu mengubah strategi SEO agar website tetap berada pada peringkat atas. Pastikan untuk memperbaharui strategi SEO setiap ada update tentang logaritme Google, sehingga website tetap ada di halaman utama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*