Ngarsopura Night Market Solo, Pasar Malam peninggalan Jokowi di Kota Solo

Solo merupakan salah satu destinasi Pariwisata terbaik di Indonesia, banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang sengaja datang ke Solo sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Salah satu tempat yang wajib di kunjungi di Kota Solo adalah Ngarsopura Night Market, Destinasi pariwisata ini menyajikan berbagai macam objek wisata, seperti wisata kuliner, wisata budaya dan wisata belanja.

Pasar Malam ini menjadi pilihan penduduk Solo maupun para wisatawan untuk menghabiskan malam hari di akhir pekan. Di tempat ini anda bisa menikmati suasana malam dikota solo sambil berbelanja, menikmati kuliner khas Solo atau membeli oleh-oleh khas Kota Solo untuk keluarga dirumah.

Jika Jogjakarta memiliki Malioboro, maka solo punya Ngarsopura Night Market, Kawasan wisata yang terletak di Jalan Diponegoro ini dipenuhi kios kios pedagang yang menjajakan berbagai macam barang dagangan, mulai dari makanan, barang antik, sampai barang Handmade dari para pedagang. Tak hanya pedagang saja yang ikut meramaikan pasar malam ini, tetapi juga lantunan musik khas Jawa juga ikut meramaikan suasana malam yang meriah di Ngarsopura. Namun, para pedagang disini tidak boleh sembarangan dalam menjual barangnya, mereka harus di seleksi terlebih dahulu. Diutamakan produk berupa kerajinan dan Industri kreatif.

Maka tidak heran jika disana kita menemukan, anda akan menemukan banyak produk kesenian, seperti pernak pernik, lukisan-lukisan, kerajinan tangan, pertunjukan musik tradisional, pagelaran tari tradisional khas Solo, hingga berbagai musik etnik yang dilakukan oleh para seniman dari Kota Solo. Pertunjukan yang dilakukan di Ngarsopura Night Market bisa dinikmati parawisatawan secara gratis untuk menambah semarak di Pasar Malam ini.

Lokasi Ngarsopura Night Market sangat cocok untuk kamu yang hobi jalan kaki, karna disini memiliki trotoar yang sangat bagus untuk para pejalan kaki, dan banyak kursi jika kalian ingin nongkrong disini atau sekedar duduk sambil menikmati makanan yang dibeli di Ngarsopura Night Market. Kamu juga dapat berfoto ditempat ini, karna banyak hiasan berupa patung-patung serta lukisan yang sangat Instagramable.

Dulu nya kawasan ini merupakan tempat menjual barang barang elektronik yang dijual di pinggir Jalan Diponegoro hingga merusak keindahan Kota Solo, karna itulah kawasan ini menjadi semwarut pada masa nya. Namun tahun 2009 kawasan tersebut berubah total karna gebrakan Walikota Solo pada jaman itu yaitu Joko Widodo (Jokowi) yang berhasil merubah tempat ini 180 derajat menjadi tempat yang tadinya tidak tertata menjadi kawasan yang ramah bagi semua orang.

Tak hanya dipakai untuk Pasar Malam, kawasan Ngarsopura juga sering dijadikan tempat untuk diadakan banyak event-event seperti Solo International Ethnic Music (SIEM) yang bertujuan untuk melestarikan budaya lokal solo. Event tersebut dilakukan rutin setiap tahun nya dan dapat dinikmati secara cuma-cuma.

Tidak ada tiket masuk ke dalam Ngarsopura, Jadi anda bisa masuk kedalam Night Market Secara Gratis! Tinggal kamu menentukan saja kendaraan yang tepat untuk menjangkau tempat ini. Jika kamu datang dari Jakarta mungkin layanan sewa bus pariwisata Jakarta dapat masuk dalam daftar alternatif transportasi mu menuju ke sana.

Jam buka Ngarsopura Night Market

Hari Jam Buka
Sabtu 18:00 – 22:00

Alamat Ngarsopura Night Market

Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131

Jika anda ingin berlibur ke Kota Solo, anda dapat menggunakan beberapa transportasi umum, contohnya adalah Kereta Api dan Bus. Anda juga bisa sewa bus pariwisata jika ingin berpergian dengan rekan kerja atau Keluarga besar.

Berikut adalah harga tiket Kereta Api dan Bus dari Jakarta jika ingin melakukan Pariwisata ke Solo:

Transportasi Harga
Kereta Api Rp150.000,00 – Rp400.000,00
Bus Rp150.000,00 – Rp250.000,00

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*