Museum Al Quran Raksasa, Destinasi Wisata Religi di Tengah Gemerlap Palembang

Museum Al Quran Raksasa, Destinasi Wisata Religi di Tengah Gemerlap Palembang

Jika mendengar nama Palembang, tentu yang terbesit di ingatan kita adalah kota yang terletak di provinsi Sumatera Selatan yang khas dengan kuliner Pempek dan Jembatan Ampera. Selain itu, Kota ini juga terkenal dengan beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Pulau Kemaro, Benteng Kuto Besak, Taman Purbakala Kerjaaan Sriwijaya dan masih banyak yang lainnya. Namun, tahukah Kamu bahwa Kota Palembang juga menyajikan wisata religi yang juga banyak didatangi oleh pelancong? Yup, Bayt Al-Qur’an Al-Akbar namanya.

Namun, masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Museum Al-Qur’an Raksasa. Museum ini terletak di daerah Gandus, Palembang dan tidak jauh dari bibir Sungai Musi. Bagaimana tidak menarik perhatian, tempat wisata religi yang diresmikan oleh Presiden ke 6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2012 ini memiliki Al-Qur’an terbesar di Dunia. Al-Qur’an yang dibuat dengan media kayu tembesu ini terdiri dari 5 lantai, dengan tinggi setiap lembarnya mencapai 15 meter dan lebar 8 meter! Tak heran kalau banyak wisatawan yang sengaja datang mengunjungi lokasi wisata ini.

Karena terdapat ayat-ayat suci di museum ini, Kamu harus mengikuti beberapa peraturan yang ditetapkan ya! Misalnya saja pengunjung harus menggunakan pakaian yang sopan. Di tengah-tengah museum ini, Kamu akan menemukan spot untuk berfoto. Kamu juga diizinkan untuk menyentuh ayat-ayat suci yang tercetak di lembar kayu trembesu ini. Tak heran, ada banyak pelancong dari berbagai daerah rela untuk datang ke tempat wisata yang unik ini. Masyarakat Jakarta pun sering menggunakan jasa sewa bus pariwisata Jakarta untuk datang ke tempat ini.

Ramai Ketika Ramadan

Selain musim libur panjang, Museum Al-Qur’an Raksasa ini juga ramai dikunjungi ketika bulan suci Ramadan tiba. Tidak hanya dari wilayah Palembang, para pengunjung juga datang dari beragam wilayah. Tak heran, kalau kamu datang ke museum ini, akan ada banyak bis yang parkir disini. Bahkan, ada juga pengunjung asal Ibukota yang rela untuk sewa bus parwisata Jakarta untuk datang ke lokasi ini. Selain itu, banyak juga wisatawan asal Jakarta yang membawa kendaraan mereka sendiri untuk mengunjungi lokasi ini. Bukan hanya refreshing pikiran dari lelahnya kegiatan sehari-hari, disini Kamu juga bisa melakukan ibadah dan me-refresh batin Kamu! Jadi bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Museum Al-Qur’an Raksasa di Palembang ini?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*