Mengenal Lebih Dalam Perbedaan Cat Epoxy yang Menggunakan Floor Hardener Sika dan Cat Waterproof

Selain cat waterproof, saat ini orang sudah mulai banyak yang menggunakan cat epoxy. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan cat epoxy itu sendiri? Cat ini adalah campuran dari resin dan sika floor hardener yang setelah dicampurkan, maka lantai yang tercipta ini akan tahan terhadap panas atau suhu tinggi dan juga tahan terhadap bahan kimia yang tinggi.

Hal-hal yang Membedakan Cat Epoxy yang menggunakan floor type ini dan Cat Waterproof

Ada beberapa hal yang membedakan antara cat epoxy dan cat waterproof. Salah satu yang paling mencolok adalah pada bahan. Dalam pengaplikasiannya, cat epoxy biasanya dikombinasikan dengan bahan hardener seperti floor hardener sika dengan tujuan sebagai pengeras dan yang menjadikan cat epoxy itu menjadi padat dan tahan lama. Namun, pada cat waterproof tidak perlu menggunakan bahan pengeras, cukup catnya saja sebagai cat pelapis yang tahan terhadap air.

Sebenarnya, cat epoxy ini sudah ada cukup lama yang muncul sekitar tahun 1930 lebih di Amerika Serikat dan Swiss dan epoxy ii terus-menerus dikembangkan sejak saat itu. Pada tahun 1946, epoxy mulai diproduksi sebagai cat atau bahan pelapis dengan cara pencampuran resin dengan floor hardener sika. Kemudian, terus dikembangkan hingga kini sebagai salah satu cat pelapis yang aman terhadap lingkungan dan tahan lama.

Untuk masalah ketahanan, cat epoxy yang menggunakan floor hardener sika lebih tahan terhadap banyak hal seperti tahan terhadap reaksi kimia yang cukup tinggi, tahan terhadap beban berat, tahan terhadap suhu yang tinggi dan juga noda tidak mudah meresap pada permukaan cat. Namun, pada cat waterproof, tentu cat ini tahan terhadap air sehingga lantai atau tembok yang dilapisi dengan cat ini pasti tidak akan mudah menjamur karena cat ini dapat menjaga kelembaban dengan cat tahan airnya. Kemudian, cat waterproof juga mudah dibersihkan jika ada noda yang menempel dengan menggunakan sikat atau spons pembersih.

Itulah perbedaan antara cat epoxy dan cat waterproof. Anda bisa memilih cat mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*