Mengenal Jenis-Jenis Kolom Beton Bertulang Pada Konstruksi Gedung

Mengenal Jenis-Jenis Kolom Beton Bertulang Pada Konstruksi Gedung

Mengenal Jenis-Jenis Kolom Beton Bertulang Pada Konstruksi Gedung

Kolom beton adalah sebuah rangka penerus beban bangunan. sama halnya dengan rangka pada manusia. Kolom beton ini digunakan untuk menahan sekaligus meneruskan beban. Apabila kolom roboh maka sudah dipastikan akan roboh juga bangunan tersebut. Kolom beton bertulang dibedakan ke dalam beberapa Jenis. Jenis-jenis kolom beton antara lain:

Kolom Empat Persegi

Bentuk dari kolom ini umumnya bujur sangkar atau kotak. Proses pembuatan yang relatif mudah menjadikan kolom jenis ini banyak digunakan para pekerja. Kolom empat persegi juga memiliki kekuatan yang sangat baik untuk menahan beban berat.

Kolom Bulat

Pada proses pembuatan beton maka pekerja memerlukan alat yang digunakan untuk pemadatan beton. Vibrator beton menjadi alat yang berfungsi memadatkan beton pada sebuah bangunan. Pemadatan beton ini dilakukan pada berbagai jenis kolom beton termasuk kolom bulat. Bentuk dari kolom bulat biasanya spiral. Bentuk dari kolom beton yang satu ini memang cukup bagus dan memberikan hasil yang baik. Sayangnya proses pembuatan kolom yang satu ini relatif sulit dan repot.

Kolom Komposit

Kolom komposit ini menggunakan bahan dari baja. Jadi bukan bahan terbuat dari besi seperti kolom beton sebelumnya. Pada pembuatan kolom ini biasanya ditambahkan pengikat jika diperlukan. Pengikat dibuat apabila diperlukan saja. Kolom ini biasanya digunakan pada bangunan yang memiliki beban berat tetapi tidak menginginkan tiang atau bangunan yang begitu besar.

Kolom komposit memiliki kekuatan yang lebih bagus karena menggunakan material terbuat dari baja. Bangunan beton juga akan menjadi semakin kuat apabila dipadatkan dengan menggunakan vibrator. Para pekerja dapat menggunakan vibrator internal dan external dalam proses pemadatan beton.

Semakin kuat beton maka akan semakin kuat juga bangunan yang dibuat. Beberapa jenis kolom beton yang dibahas merupakan jenis-jenis kolom yang lazim digunakan. jenis-jenis ini digunakan dalam beberapa keadaan disesuaikan dengan bangunan yang akan dibuat.

Demikian artikel mengenai jenis-jenis kolom beton, semoga dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan bagi para pembaca sekalian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*