Langkah-langkah Menjilid Hard Cover

Langkah-langkah Menjilid Hard Cover

 

Di zaman sekarang ini teknologi memang semakin canggih, namun masih banyak orang yang lebih memilih file dalam bentuk kertas untuk memudahkan dibaca. File dalam bentuk kertas yang sudah di print atau fotocopy kemudian di cover agar lebih menarik dan nyaman untuk di baca, cover inilah yang kita kenal dengan nama hard cover. Ada banyak tumpukan file dalam bentuk kertas yang membutuhkan hard cover, salah satunya tugas akhir seperti skripsi. Menjilid hard cover membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan bisa mencapai mingguan, padahal waktu pengumpulan tugas sebentar lagi selesai. Buat kamu yang sedang mengalami masalah ini tidak perlu cemas, kamu bisa menjilid hard cover dengan mudah, harga jilid hard cover sendiri juga lebih terjangkau seperti di warujayaprinting , namun pastikan untuk menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan.

Dapatkan Harga Jilid Hard Cover Murah dengan Langkah Ini

 

Dapatkan Harga Jilid Hard Cover Murah dengan Langkah Ini

Harga jilid hard cover cukup mahal di setiap tempat berbeda-beda, namun kamu bisa mendapatkan harga murah dengan melakukan jilid sendiri. Berikut langkah-langkah untuk menjilid hard cover dengan mudah:

1. Persiapkan dokumen yang akan dijilid

Pertama-tama silahkan siapkan dokumen yang akan kamu jilid, silalhkan seteples dokumen pada sisi kiri dan jangan lupa letakkan pada dokumen holder agar rapi.

2. Rapikan menggunakan alat pemotong

Setelah di seteples biasanya dokumen belum rapi, untuk merapikannya kamu bisa menggunakan alat pemotong. Silahkan potong dengan rata sehingga hasil akhirnya tidak mengecewakan.

3. Persiapkan kertas karton warna putih

Keberadaan kertas putih berfungsi sebagai penutup bagian dalam hard cover, kertas karton yang bisa kamu pilih adalah ukuran A1, dalam satu kertas karton bisa dipotong menjadi 4 bagian dengan ukuran A3, dilipat lagi dengan begitu berukuran A4, maka ukuran kertas karton A4 tersebut yang bisa kamu pilih.

4. Pasang kertas karton

Langkah selanjutnya pasang kertas karton pada masing-masing bagian depan dan belakang kumpulan dokumen, hingga seteples yang ada tidak akan terlihat. Jangan lupa juga untuk meratakan kertas tersebut dengan menggunakan alat pemotong.

5. Siapkan cover

Saatnya kamu mencetak cover dengan menggunakan kertas buffalo ukuran A3, jika cover sudah dicetak langkah selanjutnya adalah laminasi.

6. Siapkan karton jepang

Jangan lupa untuk menyiapkan karton Jepang dengan ukuran yang lebih besar dibanding dengan dokumen yang akan di hard cover. Selanjutnya tempelkan karton Jepang tepat di belakang kertas karton putih. Pastikan lebar kertas karton putih lebih besar 0,2 cm agar bisa ditekuk dan ditempelkan dengan karton Jepang.

7. Rekatkan dengan lem

Oleskan lem di atas kertas karton Jepang secara merata dan menyeluruh, pastikan semua permukaan sudah tertutup oleh lem. Letakkan tumpukan dokumen tersebut di atasnya, silahkan rekatkan dan tutup dokumen tersebut. Gosok bagian luar kover dengan kertas di dalamnya. Langkah selanjutnya pasang siku di bagian atas dan bawah pojokan dokumen.

Dengan melakukan jilid hard cover sendiri kamu bisa membuatnya sesuai dengan keinginan sendiri,  harga jilid hard cover sendiri juga lebih murah dan pastinya bisa selesai dalam jangka wkatu yang tepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*