Keindahan Seni Rasa ala Pulau Dewata

Keindahan Seni Rasa ala Pulau Dewata

 

Pulau Bali memang menjadi salah satu daya tarik wisatawan asing untung datang ke Indonesia. Bagaimana tidak, pulau yang bertetangga dengan wilayah Jawa ini memiliki keragaman serta ciri khas budaya yang luar biasa. Tak heran, pulau yang dikenal dengan julukan The Island of Gods ini begitu banyak mengundang minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang menikmati keindahan alam yang disajikan. Warga Ibukota pun banyak yang datang langsung ke Bali dengan menggunakan jasa sewa bus pariwisata Jakarta, atau menggunakan pesawat terbang.

Salah satu hal yang membuat Bali semakin dikenal adalah adalah adat dan budayanya yang khas. Beberapa budaya Bali yang banyak dikenal adalah seni tari, seni ukur dan seni musiknya. Ilmuan berdarah Meksiko, Jose Miguel Covarrubias bahkan mengatakan kalau semua orang Bali bisa disebut sebagai seniman, karena banyak kegiatan yang dilakukan orang Bali untuk mengisi kegiatannya, seperti bermain musik, menari, menyanyi, melukis atau bahkan bermain seni peran.

Ketika mengunjungi Bali, dengan mudah Kamu akan menemukan bangunan-bangunan dengan nilai seni yang tinggi. Bahkan, sesajen yang biasa dibuat oleh wanita-wanita di Bali dan disebarkan diseluruh sudut Bali memiliki nilai kerajinan yang tinggi dan tidak sembarang susun. Dalam bermacam kegiatan pun Kamu akan menemui pertunjukan seni musik dan tari khas Bali.

Covarrubias juga mengatakan, walau masih terbilang seniman amatir, warga Bali terus menciptakan karya seni tanpa memperdulikan apakah namanya akan dikenang atau tidak. Mereka melakukan hal tersebut semata-mata sebagai bentuk penghargaan.

Tidak Dibuat Dengan Serampangan

Setiap kesenian yang diciptakan di Bali tentu tidak dibuat secara asal-asalan. Kalau Kita sadari, terdapat banyak nilai filosofis yang terkandung dalam produk seninya. Misalnya saja rumah orang Bali yang biasanya diisi oleh hiasan-hiasan. Bukan tanpa sebab, hiasan itu merupakan suatu hal spesial untuk mengungkapkan indahnya simbol-simbol atau penyampaian suatu makna bagi sang pemilik rumah.

Tak heran ya, kenapa banyak sekali pelancong yang datang ke Bali untuk menikmati keindahan adatnya. Yang harus diperhatikan, kalau kamu menggunakan jasa sewa bus pariwisata atau kendaraan pribadi ke daerah Bali, tetap jaga kebersihan dan keindahan seninya ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*