Ispring

 Pengertian
ISpring Presenter merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi menjadi bentuk flash dan bentuk SCORM / AICC, yaitu bentuk yang biasa digunakan dalam pembelajaran dengan e-learning LMS (Learning management System). Perangkat lunak Ispring tersedia dalam versi free (gratis) dan berbayar.
Ispring Presenter secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft power point sehingga penggunaannya tidak membutuhkan keahlian yang rumit. Beberapa fiturIspring Presenter adalah :
1.   Ispring Presenter bekerja sebagai add-ins PowerPoint, untuk menjadikan file PowerPoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform.
2.   Dikembangkan untuk mendukung e-learning. Ispring Presenter dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang unik.
3.   Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web.
4.   Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu : True/False, Multiple Choice, Multiple response, Type In, Matching, Sequence, numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text.
Kelebihan ispring
Sebagai contoh yaitu saat kita membuat media pembelajaran dalam format flash dengan Ispring Free
a.      Bagi seorang guru tentunya membuat suasana kelas menjadi kelas yang menarik dan tidak membosankan adalah idaman, salah satunya dapat diwujudkan dengan membuat media pembelajaran berbasis IT, dulu hanya mengandalkan presentasi powerpoint, sekarang lebih baik jika menggunakan presentasi dengan menggunakan file flash
b.     Kelebihan file flash, filenya kecil sehingga mudah di upload/download di web,
c.      File pendukung tidak perlu disertakan, sehingga kemungkinan di copas orang lain kecil banget kemungkinannnya. Terlebih di era sertifkasi guru, maka kita akan merasa kecewa berat kalo karya-karya kita di copas orang lain.
d.     Namun sepertinya kalo menyebut file flash, adalah hal yang sangat rumit, tetapi hal itu menjadi sangat mudah hanya dengan bantuan sebuah software yang bernama ISPRING FREE. iSpring Free adalah software yang dapat digunakan untuk merubah file Powerpoint ke dalam bentuk Flash Movie. iSpring membuat soalah-olah persentasi yang kita buat,dibuat menggunakan adobe flash. Software ini adalah free alias gratis untuk versi standart. Sedangkan yang versi Pro harus berbayar.
e.      Membuat format Flash menjadi sangat mudah,yang mana file flash ini digunakan dan dioptimalkan untuk file share di web. Sangat kompetible untuk pengunjung web mengakses file flash dengan Ispring Free ini di web dengan browser apapun.
http://nugrahaa167.blogspot.com/2016/03/mengenal-ispring-presentation.html

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*