Inspirasi Interior Kayu Untuk Desain Minimalis

Jika ada salah satu material yang banyak digunakan dalam sebuah ruangan, maka kayu merupakan salah satu jawaban yang paling mungkin. Hadir dalam beragam bentuk dan desain, baik lemari kayu jati, atau lantai parket kayu. Kayu memang banyak dimanfaatkan dalam beragam gaya desain interior. Selain memberikan sentuhan alam yang memberi kenyamanan, kayu juga merupakan sebuah material yang mudah dikreasikan.

Perbedaan Desain Minimalis dan Skandinavia

Gaya interior yang menggunakan material kayu dalam dekorasi diantaranya adalah desain minimalis dan Skandinavia. Kedua gaya ini mengusung penghematan dalam menggunakan ruang. Sehingga ruang tampak lega dan nyaman. Banyak yang mengidentikkan kedua gaya tersebut pada satu sama lain. Namun demikian, ada perbedaan pada keduanya. Desain Skandinavia identik dengan penggunaan spektrum warna senada pada interior ruangannya, yakni warna-warna netral seperti putih atau abu muda pada seluruh ruangan, termasuk lantai parket kayu. Sementara pada desain minimalis, bisa lebih beragam.

Interior Kayu Pada Desain Minimalis

Saat ini desain minimalis identik dengan desain modern yang simple. Kayu juga banyak dimanfaatkan dalam desain ruang minimalis. Bahkan jika dibandingkan dengan desain Skandinavia, lebih variatif dari segi pemilihan warna, corak atau motif. Termasuk dalam pemanfaatan lantai parket. Anda bisa menggunakan warna kayu yang sangat gelap seperti hitam atau ungu gelap, hingga warna putih atau wana kayu alami.

Material kayu dapat digunakan secara minim atau dominan pada desain minimalis. Mulai dari atap (langit-langit), dinding pembatas, hingga lantai parket kayu. Furnitur kayu juga bisa ditambahkan baik yang berukuran sangat besar misalnya lemari dapur built-in, hingga ukuran kecil seperti meja sudut dan bangku. Dekorasi kayu pada ruang minimalis bisa juga dipadukan dengan material lain seperti besi atau stainless steel dan plastik. Selama ruangan tetap terlihat lega dan fungsional.

Penerangan juga menjadi faktor penting dalam menciptakan ruang minimalis dengan interior kayu. Sebuah lampu untuk menambahkan cahaya buatan, dapat membangkitkan sebuah kesan tersendiri. Sehingga ruangan tampak lebih terang dan lega. Pesona lantai parket murah pun akan berpadu dengan interior di sekelilingnya, menciptakan ruangan minimalis yang bersih dan nyaman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*