Indikator Indikator Utama Optimasi SEO

Indikator Utama Optimasi SEO

Optimasi SEO merupakan pekerjaan rumah bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia internet. Baik mereka yang menjadi youtuber maupun para blogger. Para pengelola website juga dipusingkan dengan hal ini. Tidak jarang, para pengelola website justru disibukkan dengan teknik-teknik SEO yang begitu banyak.

Mereka tidak fokus membuat konten karena banyak target SEO yang harus dikejar. Tujuannya adalah website memiliki rating tinggi dan muncul pada halaman pertama pencarian. Nah bagi pemula, tidak perlu terlalu pusing dalam melakukan optimasi SEO. Silahkan kita mulai dengan mengenal indikator indikator dalam teknik SEO.

Indikator-indikator SEO yang akan dibahas disesuaikan dengan algoritma google. Apabila algoritma google berubah tentu saja indikator akan berubah. Bisa jadi indikator bertambah ataupun sebaliknya. Semuanya tergantung pada algoritma google itu sendiri. Nah berikut ini beberapa indikator SEO yang bisa kita pelajari bersama.

Struktur URL

Kita mulai dari struktur URL. URL mempermudah google dalam mengindeks konten maupun website yang kita buat. Agar mudah terindeks dan teringat, hindari penggunaan URL yang ribet. Struktur URL sebaiknya gampang dan mudah diingat. Cukup masukkan dua unsur didalam struktur URL yang kita buat.

Dua struktur yang dimaksud adalah nama domain dan judul dari konten tersebut. Dengan cara ini, mesin pencari dalam hal ini google akan mudah mengenali. Hasilnya, artikel ataupun konten akan mudah ditemukan oleh masyarakat.

Penggunaan SSL/TLS

SSL/TLS merupakan sistem keamanan google yang akan menjaga kemanan data pemilik maupun pencari informasi. Sejak 2014, algoritma google telah menerapkan hal ini. apabila kalian belum menerapkan teknologi ini sebaiknya cepat aktifkan.

Silahkan cek terlebih dahulu website yang kalian kelola. Apakah website sudah menerapkan teknologi SSL/TSL apa belum. Caranya cukup mudah. Kalian hanya perlu mengecek bagian awal URL.

Apabila pada awal URL tertulis HTTP saja berarti website belum menggunakan SSL/TSL. Apabila pada awal url tertulis HTTPS maka teknologi SSL/TSL sudah diaktifkan.

Topik/Niche

Konten dalam website masih gado-gado? Sebaiknya segera perbaiki sekarang juga. Konten yang tidak saling terkait dan terlihat acak-acakan bisa membuat mesin pencari kebingungan. Mesin pencari susah dalam mengindeks jenis konten yang ada pada website kita.

Bukan hanya mesin pencari, para pencari informasi juga bingung dan tidak menjadikan website kita sebagai rujukan. Berbeda dengan website yang topiknya jelas dan saling terkait satu sama lain. Para pencari informasi bisa saja kembali pada website dan mencari informasi yang mereka butuhkan.

Backlink

Backlink menjadi salah satu penentu website mampu bersaing dengan competitor lain atau tidak. pelaku optimasi SEO menggunakan jasa backlink sebagai jurus ampuh untuk menduduki posisi pertama pencarian google.

Backlink dibagi menjadi dua yaitu backlink organic dan backlink non organic. Kedua jenis backlink ini akan menjadi rujukan google dalam menilai kapasitas website yang kita kelola. Semakin banyak backlink yang terjadi maka semakin kredibel juga website yang kita kelola.

Tidak asal backlink melainkan backlink dari website maupun blog ternama. Backlink akan sangat membantu konten muncul pada urutan teratas.

Kecepatan Website

Sejak tahun 2018 kecepatan jasa pembuatan website seo sangat berpengaruh terhadap kualitas website. Website yang memiliki loading cepat akan berada pada posisi teratas. Baik loading pada tampilan web maupun pada tampilan mobile phone.

Indikator-indikator SEO yang sudah dijelasan semoga bisa menjadi patokan pembaca dalam mengelola website dengan baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*