Cara Tepat Merawat Wallpaper Berbahan Dasar Kertas

Wallpaper atau kertas dekorasi dinding marak digunakan sebagai alternatif untuk mempercantik tampilan dinding ruangan. Pilihan motif yang beragam, menambah ketertarikan konsumen untuk menggunakan produk ini. Pengaplikasian wallpaper pada dinding ruangan dinilai mampu menambah warna pada ruangan agar terkesan tidak monoton. Selain itu, harga  wallpaper dinding cukup terjangkau dan dapat disesuaikan dengan budget masing-masing.

merawat wallpaper

Bahan dasar wallpaper beragam, di antaranya bahan vinyl, kain, dan kertas. Wallpaper berbahan dasar kertas paling sering digunakan karena lebih ekonomis. Meskipun demikian, kualitas wallpaper yang baik tidak melulu ditentukan dengan harga. Banyak pedagang yang jual wallpaper dinding murah dengan kualitas bersaing. Awet atau tidaknya wallpaper berbahan dasar kertas juga ditentukan dengan bagaimana cara merawatnya.

Cara merawat wallpaper berbahan dasar kertas dengan tepat

Merawat wallpaper dengan teknik yang tepat, membuat wallpaper lebih awet dan tahan lama. Meskipun harga wallpaper dinding berbahan dasar kertas lebih murah dibanding wallpaper berbahan dasar lainnya, dengan perawatan yang sesuai maka daya tahan wallpaper bahan dasar kertas akan meningkat.

1. Bersihkan secara berkala

Membersihkan wallpaper secara berkala mampu memberikan tampilan yang menawan dari wallpaper. Bersihkan wallpaper setiap 2-3 minggu sekali agar wallpaper tetap mengkilap dan bersih.

2. Sesuaikan metode pembersihan

Perhatikan bahan dasar dari wallpaper. Wallpaper berbahan dasar kertas tidak sesuai jika dibersihkan dengan air. Cukup bersihkan dengan menyeka setiap bagian menggunakan lap kering yang bersih. Seka secara perlahan, perhatikan bagian yang bertekstur atau bersela agar tidak luput dari pembersihan.

3. Pilih alat yang sesuai

Alat yang sesuai untuk membersihkan wallpaper berbahan dasar kertas adalah menggunakan kain bersih, busa kering, atau vacuum cleaner. Vacuum cleaner dianggap paling tepat untuk membersihkan wallpaper berbahan dasar kertas ini karena mampu menjangkau setiap sudut dan membersihkan debu yang menumpuk.

4. Membersihkan noda membandel

Menghilangkan noda cairan, atau coretan tinta di wallpaper berbahan dasar kertas dapat dilakukan menggunakan handuk lembut dan setrika. Letakan handuk lembut di atas noda, tindih dengan setrika yang telah dipanaskan lalu tunggu beberapa saat. Setelah itu, seka noda dengan kain bersih dengan sedikit menekan agar noda luntur dari wallpaper.

Demikian cara yang dapat dilakukan untuk merawat wallpaper berbahan dasar kertas. Cermatlah dalam memilih wallpaper, sesuaikan pula dengan anggaran dan pilih penjual yang jual wallpaper dinding murah dengan kualitas yang tak kalah bagus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*