Dijamin Ampuh! Beginilah Cara Mudah Atasi Kerak Kotoran di Lantai

Cara Mudah Atasi Kerak Kotoran di Lantai

Masalah kerak atau kotoran yang membandel di lantai rumah, pastinya membuat jengkel. Apalagi bagi para ibu rumah tangga yang seringkali bersusah payah untuk mencoba membersihkannya. Pada lantai vinyl, kotoran cenderung lebih mudah dibersihkan, terlebih harga jual lantai vinyl murah. Biasanya, kerak kotoran ini akan susah dibersihkan pada jenis lantai seperti keramik. Meskipun demikian, Anda tidak usah khawatir. Berikut ini ada beberapa cara ampuh dan mudah untuk mengusir kotoran kerak yang membandel di lantai rumah Anda!

Menggunakan Cuka

 

Menggunakan Cuka

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kerak kotoran di lantai adalah dengan menggunakan cuka. Cuka mempunyai kandungan asam yang sangat tinggi, larutannya dianggap bisa meleburkan beberapa kotoran di lantai. Padukan juga penggunaan cuka ini dengan air panas yang digunakan untuk menyiram lantai terlebih dahulu. Siraman air panas bisa membantu dalam meluruhkan kerak-keraknya.

Jika Anda sudah menyiramkan air panas ke permukaan lantai yang kotor, siramkan cuka ke permukaan tersebut. Biarkan hingga beberapa menit sampai kerak di lantai mulai mengelupas dengan sendirinya. Kemudian, sikat bagian kerak sampai mulai menghilang dan tidak menempel di lantai. Untuk memaksimalkan hasilnya, Anda bisa mengulangi langkah tersebut beberapa kali. Agar lantai tetap mengkilap, ucapkan car wax setelah selesai membilas.

Kaporit atau Asam Sitrat

Selain menggunakan cuka, penggunaan kaporit untuk membersihkan kerak di lantai pun cukup ampuh dalam membasminya. Selain kaporit, Anda juga bisa menggunakan larutan asam sitrat. Jika biasanya kaporit digunakan untuk air kolam renang, justru kaporit ini pun sangat berguna sebagai pembersih kotoran. Terlebih dengan sifatnya yang anti jamur membuat trik pembersihan ini bisa dijadikan pilihan. Caranya tidak jauh berbeda dengan pembersihan kotoran menggunakan cuka.

Cukup siram kotoran di lantai dengan air yang panas. Taburkan kaporit, bisa juga asam sitrat ke seluruh permukaan lantai yang berkerak dan kotor. Diamkan taburan kaporit menyerap dan melakukan aksinya selama 30 menit. Jika waktu dirasa sudah cukup, gosok permukaan lantai berkerak dengan sikat sampai kotorannya menghilang. Kebanyakan, lantai keramik memang paling mudah terkena kotoran membandel. Berbeda dengan lantai vinyl yang lebih mudah perawatannya. Apalagi harga jual lantai vinyl sekarang terjangkau.

Menggunakan Cairan Pembersih Seperti Karbol

 

Menggunakan Cairan Pembersih Seperti Karbol

Jika beberapa cara tersebut dirasa cukup sulit atau Anda tidak mempunyai bahan-bahannya, maka bisa dengan menggunakan cairan pembersih. Seperti yang diketahui, saat ini banyak sekali penjualan cairan pembersih di pasaran. Cairan ini bisa digunakan untuk menghilangkan kerak yang membandel di lantai Anda.

Umumnya, masyarakat menyebut cairan ini sebagai karbol. Terbuat dari beberapa bahan yang aktif untuk mengangkat kotoran meskipun sudah lama dan menjadi kerak. Cara pemakaiannya pun terbilang mudah. Cukup dengan menyiramkannya ke bagian lantai yang kotor, diamkan beberapa menit, lalu lap atau gosok bagian tersebut sampai kotoran terangkat. Jika sudah selesai, cukup siram dengan air bersih.

Ganti Lantai dengan Vinyl

 

Ganti Lantai dengan Vinyl

Jika Anda tidak ingin mengalami hal serupa yang mana lantai penuh dengan kotoran, tidak ada salahnya untuk mengganti lantai keramik dengan vinyl. Di pasaran, banyak tersedia produk jual lantai vinyl murah dengan motif yang beragam. Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan maupun kebutuhan. Terlebih lantai vinyl pun lebih mudah dalam dibersihkan. Yang mana, Anda hanya perlu mengelap setiap kotoran yang menempel.

Sifatnya yang awet dan kuat membuat vinyl bisa dijadikan solusi terbaik untuk permasalahan lantai. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi susah payah dalam membersihkan kotoran yang sudah berkerak di lantai. Pastinya lebih irit dan tidak menguras tenaga bukan? Namun, semuanya tergantung diri Anda. Yang paling penting, selalu jaga kebersihan lantai dan segera bersihkan ketika noda mulai hadir. Jangan sampai menunggu noda semakin banyak dan berubah jadi kerak membandel.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*