Cara Merawat Tali Lanyard Biar Awet

 

Menggunakan tali gantungan untuk ID card memang sedang tren. Apalagi bagi karyawan kantor yang wajib menggunakan ID card saat berada di area kantor atau panitia sebuah acara yang juga wajib menggunakan ID card untuk tanda pengenal. Model, ukuran dan bahan bakunya pun bermacam-macam. Biasanya, produsen tali lanyard seperti produsen lanyard Jakarta dan kota-kota lain, bisa menerima order sekaligus untuk ID cardnya. Namun jika hanya ingin memesan talinya saja, pasti juga bisa.

Dengan permintaan akan tali lanyard yang sangat pesat, penyedia jasa pembuatan tali ini pun kian menjamur sehingga memesan tali lanyard kini sangat mudah. Anda yang berada di Jakarta bisa mencari produsen tali id card jakarta dan sekitarnya lewat iklan online dengan mudah. Harganya pun sangat kompetitif tergantung jumlah unit pesanan dan juga modelnya. Bahan pembuat tali lanyard tersebut bermacam-macam, ada yang terbuat dari polyester, nilon, tisue juga sarung. Cara cetaknya pun bermacam-macam, ada yang polos, ada yang disablon dan ada yang menggunakan cara printing.

Harus Dirawat dengan Benar

Jangan kira tali lanyard tidak butuh perawatan. Untuk menjaga kebersihan dan keawetan, lanyard wajib dirawat. Apalagi jika model dan desainnya unik, maka pemiliknya wajib menjaganya agar tetap bersih sehingga bisa terlihat makin cantik. Meskipun bahan dan desainnya bermacam-macam, untuk perawatan rata-rata sama dimana lanyard harus disimpan di tempat yang rapat agar tidak mudah berdebu. Saat memegangnya, usahakan tangan dalam keadaan bersih, tidak basah atau berminyak. Tali lanyard boleh disetrika jika kusut, hanya saja gunakan suhu rendah dan gunakan kain pelapis untuk menyetrika agar tidak rusak.

 

Cara Mencuci yang Benar

Jika benar-benar kotor atau bernoda, lanyard juga boleh dicuci. Namun ada cara khusus agar tali ini tidak cepat rusak atau pudar warnanya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Rendam dengan air hangat untuk membersihkan kotoran dari pori-poriĀ  tali lanyard.
  2. Cuci dengan sampoo dan bukan sabun cuci atau deterjen karena bahan deterjen gampang memudarkan warna, gambar atau sablon di lanyard.
  3. Kucek dengan lembut dan perlahan, dan jangan gunakan sikat karena bisa merusak pori-pori lanyard.
  4. Jemur di tempat teduh yang tidak terkena matahari langsung supaya pori-pori tali tetap rapat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*