Cara Aman Membersihkan Sisa Lem Pada Material Vinyl

Cara Aman Membersihkan Sisa Lem Pada Material Vinyl

Lantai vinyl adalah salah pilihan flooring yang menjadi primadona beberapa tahun terakhir ini. Hal ini karena pilihan motif dan warna yang sangat beragam dapat dipilih untuk disesuaikan dengan kebutuhan interior sebuah ruangan. Tidak hanya itu, rentang harga untuk lantai vinyl ini pun beragam, dari yang mahal hingga vinyl lantai murah. Ditambah lagi dengan pemasangannya yang cepat membuat lantai vinyl makin digemari dimana-mana.

Biasanya, lantai vinyl murah lebih banyak diproduksi dalam bentuk roll. Cara pemasangannya yang berbeda membuat Anda harus melakukan beberapa persiapan yang sedikti berbeda dengan vinyl lantai lembaran dengan pengunci pada ujungnya. Sebelum membeli vinyl lantai roll, lebih baik Anda mengukur terlebih dahulu luas lantai yang akan dilapisi dengan lantai vinyl agar Anda bisa membeli roll vinyl lantai dengan ukuran yang paling sesuai. Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, bahwa vinyl lantai dalam bentuk roll mungkin memiliki cara pemasangan yang berbeda dengan vinyl lantai lembaran dengan sistem pengunci yang menghubungkan satu lembar dengan lembar yang lainnya.

VInyl lantai roll tidak memiliki sistem pengunci seperti pada vinyl lembaran. Oleh karena itu, untuk memasangkan vinyl lantai roll, diperlukan penggunaan lem perekat agar lantai vinyl dapat terpasang pada lantai dengan sempurna dan tidak bergeser tempat. Namun terkadang, ketika proses pemasangan, pengaplikasian lem terlalu banyak sehingga lem bocor hingga keluar, ke sela-sela antara lembar satu dengan lembar disampingnya. Tentunya, sisa lem ini harus dibersihkan agar pemandangan terlihat lebih rapi dan bersih. Namun, pembersihan sisa lem tidak boleh dilakukan dengan sembarangan! Jika tidak hati-hati, maka dapat merusak lantai vinyl.

Bersihkan Sisa Lem Vinyl dengan Langkah Ini Untuk Menjaga Keindahan Vinyl!

Untuk membersihkan sisa lem, maka ada beberapa alat pelengkap untuk membantu membersihkan lem dengan sempurna. Alat scraper, botol semprot, dan aseton adalah yang harus Anda siapkan untuk membersihkan sisa-sisa lem.

Aseton adalah zat kimia yang cukup kuat dengan kandungan alkohol. Maka, sebelum menggunakannya untuk membersihkan lem, maka sebaiknya mencoba terlebih dahulu menyeprotkannya pada salah satu bagian dari lantai vinyl yang sekiranya tidak akan terlalu terlihat nanti. Ini untuk mengetahui apakah aseton merusak vinyl Anda atau tidak. Jika tidak, maka Anda dapat melakukan langkah selanjutnya.

Semprotkan aseton yang sudah dimasukkan ke dalam botol semprot, dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, secukupnya saja, pada bagian yang terdapat sisa lem vinyl. Diamkan sebentar, dan kikislah dengan menggunakan scraper. Dorong secara horizontal, dan hindari menggerakkan scraper menekan kepada lantai vinyl. Lantai vinyl sangat rentan sobek karena terkena benda tajam, jadi lebih baik berhati-hati ketika mengikis sisa lem.

Setelah lem sudah terkelupas bersih, bersihkan dengan lap basah. Basahi kain dengan air bersih dan usapkan pada bagian yang tadi Anda bersihkan. Ini akan membantu untuk menghilangkan sisa bahan kimia yang tadi digunakan dan untuk menghindari terjadinya reaksi kimia lanjutan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*