Bikin Penasaran! 5 Tempat Liburan Alam Di Bandung Ini Wajib Disinggahi

Tempat Liburan Alam Di Bandung

Bandung merupakan sebuah kota yang sangat terkenal akan pemandangan pegunungan yang indah dan udara sejuknya. Tak hanya menjadi pusat belanja dan pusat seni, ternyata kota Bandung juga memiliki berbagai wisata alam yang menjadi tujuan liburan favorit para wisatawan. Tidak hanya lokal, wisatawan asing juga sangat tertarik dengan keindahan tempat liburan alam di Bandung.

 

5 Tempat Liburan Alam Di Bandung Yang Wajib Kamu Coba

1. Tebing Keraton

Tebing Keraton merupakan salah satu tempat liburan alam di Bandung yang terbilang cukup populer. Tempat ini merupakan sebuah tebing yang memiliki ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan. Sehingga ketinggian tersebut menjadikan tebing ini cukup terjal.

Tebing Keraton mulai dikenal para wisatawan sejak tahun 2014. Tak diragukan lagi, di sini pastinya kamu dapat menikmati pemandangan alam yang luar biasa karena ada banyak bukit dan tempat ini juga saling berhadapan dengan Hutan Raya Juanda Bandung. Pemandangan alam ini akan menjadi lebih indah jika kamu datang berkunjung di waktu saat matahari terbit atau saat matahari terbenam sambil ditemani langit senja.

 

2. Dusun Bambu Lembang

Dusun bambu ini berada di kawasan wisata terpadu lembang yang sangat asri dan dikenal sebagai wisata hutan kota Bandung dengan hawa sejuk. Tempat ini juga dilengkapi berbagai wisata kuliner yang unik. Misalnya rumah makan dengan bentuk sarang burung yang dinamai Lutung Kasarung. Selain itu, kamu juga bisa belanja di pasar tradisional Bandung untuk menemukan berbagai cendera mata. Kamu harus membayar harga tiket masuk sebesar RP. 15.000 per orang untuk bisa mengunjungi tempat ini.

 

3. Taman Babakan Siliwangi

Taman Babakan Siliwangi atau yang cukup dikenal dengan istilah Baksil merupakan sebuah taman indah yang pastinya cocok banget buat kamu yang sedang mencari tempat liburan alam di Bandung. Taman ini memiliki luas area sekitar 3,8 hektar. Di sini kamu bisa melihat beberapa satwa yang hidup bebas dengan ekosistem terbuka. Karena ada banyaknya pepohonan, taman ini juga terkadang disebut hutan kota. Untuk mengunjungi Taman Babakan Siliwangi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya karena gratis! Tempat ini juga terbuka selama 24 jam.

Pada tahun 2011 lalu PBB (Perserikatan Bangsa – Bangsa) telah resmi menyatakan bahwa taman Babakan Siliwangi merupakan salah satu hutan kota dunia. Keren kan?

 

4. Kampung Batu

Kampung Batu

Jika mengunjungi Kampung Batu, kamu akan menemukan berbagai wisata alam. Mulai dari yang menantang adrenalin, hingga wisata yang santai semuanya tersedia di tempat ini. Di dalam Kampung Batu ini, kamu bisa melihat banyak rusa dan hewan kecil lainnya seperti marmut dan kelinci.

Jika kamu pergi bersama anak kecil, kamu bisa mengajaknya ke wahana air Tektona Waterpark. Wahana air ini bukanlah sebuah kolam renang biasa karena menyediakan berbagai fasilitas seperti ombak, kolam arus, semi olympic, dan masih banyak lagi fasilitas seru lainnya.

 

5. Arung Jeram Cikapundung

Buat kamu yang suka tantangan, tempat liburan di Bandung yang satu ini tentunya wajib banget dikunjungi. Dengan aliran sungai cikapundung yang cukup deras, kamu akan diajak menikmati pemandangan alam sambil melakukan olahraga rafting atau arung jeram. Jalur yang digunakan kira – kira sekitar 4 kliometer panjangnya. Untuk melakukan aktivitas arung jeram, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 125.000 per orangnya dan diberikan beberapa fasilitas seperti helm, pelampung, dan pendamping selama melakukan arung jeram.

Di kawasan sungai cikapundung ini, kamu juga bisa bermain river board, yaitu sebuah papan yang memang didesain dari karet, di mana kamu akan mengapung di atas papan tersebut dan mengikuti arus sungai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*