Aspek Penataan Ruang Hunian Ini Wajib Anda tahu Sebelum Permak Ruangan

Aspek Penataan Ruang Hunian

Menata rumah agar tetap dalam keadaan rapi dan nyaman dihuni tentu membutuhkan banyak strategi. Banyak hunian yang memiliki ukuran yang luas tapi terlihat sangat sempit dan berantakkan, tapi sebaliknya banyak hunian yang sempit tapi justru mampu menampilkan kesan yang luas dan nyaman. Itu semua karena penataan.

Aspek Penataan Hunian

Dalam menata hunian tentu perlu terlebih dahulu mengetahui aspek yang ada dalam tata ruang-ruang dalam hunian sehingga Anda tidak perlu sulit menentukkan konsep penataan. Adapun aspek tata hunian antara lain:

1. Cahaya

Cahaya merupakan salah satu aspek yang akan menentukkan keberhasilan sebuah penataan. Adanya cahaya akan membantu membuat ruangan di sebuah hunian lebih tertata. Apalagi jika ruangan memiliki ukuran yang sempit, kehadiran cahaya akan sangat membantu membuat ruangan semakin tertata. Akses masuknya cahaya biasanya juga diupayakan oleh kontraktor rumah karena mereka tahu hal itu akan berfungsi terhdadap penataan selain fungsi utamanya untuk menjaga kesehatan ruangan.

2. Warna

Selain cahaya, aspek lain yang akan menentukan keberhasilan penataan adalah warna. Sebuah ruangan pada hunian akan terlihat lebih tertata jika warna yang diaplikasikan dapat mendukung penataan ruangan dengan baik. Warna yang diaplikasikan haruslah rapi dan terkonsep sehingga walaupun Anda menggunakan kombinasi warna yang beragam, kalau pengaplikasiannya rapi, itu akan membantu menata ruangan dengan baik.

3. Penempatan furniture

Penempatan furniture interior

Barulah setelah mempertimbangkan aspek cahaya dan warna, Anda akan masuk ke aspek yang ketiga yaitu penataan furnitur. Aspek ini merupakan aspek yang paling penting karena walaupun pencahayaan dan warna yang masuk ke dalam ruang hunian sudah bagus, jika Anda gagal dalam menata furnitur maka hal itu berarti sama saja Anda tidak mampu menata ruang hunian.

Pasanglah furnitur yang memiliki ukuran yang proporsional dengan ukuran ruangan hunian, jangan menumpuk furnitur pada satu lokasi karena akan menimbulkan kesan yang sesak, gunakan pula furnitur dengan bijak, seperti memasang hal-hal yang dibutuhkan baik secara fungsional maupun estetika yang wajar saja karena jika tidak seperti itu ruangan akan terasa sempit dan tidak nyaman untuk dihuni. Anda dapat menggunakan bantuan dari jasa kontraktor interior hunian yang memiliki kemumpunian baik pemahaman maupun aplikasi aspek penataan sehingga ruangan di setiap sudut ruangan Anda akan tertata dengan rapi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*