Apakah Software Inkscape Untuk Desain, Sangat memadai? Cari Tahu Yuk!

Apakah Software Inkscape Untuk Desain, Sangat memadai? Cari Tahu Yuk!

Kamu adalah desainer grafis? Atau kamu suka mendesain banner, desain tali id cardposter dan berbagai desain yang suka kamu kerjakan. Pasti tahu software ini. Kamu tidak akan pernah lepas dari software tersebut.

Menjadi desainer grafis tidak mudah, apalagi jika alat alat penunjangannya yang pastinya tidak murah, seperti laptop yang kuat atau software yang memadai. Dengan peminat yang makin pesat,  pastinya kamu ingin apapun yang dibutuhkan harus sesuai.

Tapi jangan takut, kehadiran software Inkscape ini membawa kemudahan untuk kamu. Fitur yang disediakan lumayan lengkap, apalagi software ini gratis. Inkscape mampu menyedot perhatian melalui kemudahan yang disajikan. Apalagi software ini banyak dibicarakan sebagai pengganti CorelDraw.

Dari pada lama – lama lebih baik kita simak yuk penjelasan berikut.

Asal Usul Software Inkscape

Inkscape muncul di dunia grafis pada tahun 2003, sebagai perkembangan perangkat lunak dari proyek sodipodi.  Beliau adalah orang pertama yang memakai inkscape. Tapi kamu harus tahu inkscape sendiri dikembangkan sejak tahun 1999, tetapi kemudian tidak aktif lagi dan didasarkan pada GILL(Gnome illustratiton application. Karya tersebut dibuat oleh Raph Levien. Software tersebut dikembangkan dengan tim, yang beranggota mantan pengembangan sodipodi ( ted gould, bryce harrington, nathan hurst,  mentalguy)  yang mempunyai tujuan tujuan dari projek tersebut, terbuka bagi campur tangan pihak ketiga, ketidaksetujan masalah teknis yang mereka lakukan, dengan berbagai alasan,  dan melakukan perkembangan.

Keempat anggota tersebut berpendapat akan memfokuskan pada penerapan yang standar yaitu SVG dengan lengkap,  dan tidak seperti pengembangan sodipodi dengan penekanan pembuatan editor grafik vektor yang umum saja. Kamu tahu tidak SVG itu apa? SVG adalah Scalble Vector Graphics. Yang merupakan format file dari hasil grafik XML (Extensible Markup Languange) 

Inkscape sendri telah berpartisipasi dalam perogram Google Summer of Code  dari tahun 2005 hingga 2007, mereka menggunakan sistem pelacak bug inkscape yang diselenggarakan pada tanggal 21 November 2007 di Sourceforge.  Dan mereka nyatakan akan memindahkan ke launchpad.

Kelebihan Software Inkscape

1. Gratis Digunakan

Inilah yang banyak desainer grafis cari,  yaitu Free,  tanpa ada lisensi yang mengikat dan tanpa biaya untuk melakukan pengeditan.  Karna Software ini sangat terbuka untuk kamu yang ingin campur tangan untuk masalah perkembangannya.

2. Low Size

Sudah murah, enteng pula ukuran file ini. Perangkat lunak ini, sangat kecil ukurannya sekitar 65mb. Mantep kan dengan ukuran software yang kecil,  kamu tidak harus binggung untuk mencari laptop atau komputer dengan spek besar, kecilpun masih bisa mengerjakan.

3. file yang dihasilkan berkualitas

Seperti yang kita tahu,  Coreldraw hanya dapat dibuka di software tersebut.  Beda dengan inkscape, perangkat ini mempunyai kelebihan,  dapat dibuka juga di software grafis manapun. Apalagi dapat dibuka di media browser. Mudah kan?

4. Tools yang digunakan lengkap

Software memang boleh gratis. Tapi kamu jangan remehkan kata free tersebut.  Karna walau begitu,  tools yang di keluarkan dari inkscape ini sangatlah komplit tidak kalah dengan perangkat grafis lainnya yang berbayar pastinya.

5. Ketersediaan dalam bentuk portable

Perangkat lunak ini dengan mudah kamu akses.  Inkscape terdapat dalam versi portable yang dengan mudah kamu download pada websitenya.  Apalagi dapat dengan mudah kamu instal dengan flasdisk atau hardisk kamu. Mantap kan tuh. Dipermudahkan buat kamu yang suka ngedit nih.

Software ini cocok sekali. Untuk Kamu yang ingin edit poster, spanduk, id card dan sebagainya, dengan mudah kamu mengerjakan sendiri.  Apalagi id card suka kamu butuhkan dengan cepat. Walau tali lanyard Jakarta sudah banyak, pasti merekapun butuh waktu untuk mengerjakan punyamu.  Lebih baik kamu buat sendiri, dengan mudah, dengan software inkscape ini, pastinya sesuai yang kamu ingikan.  Menggunakan id card dengan tali lanyard yang keren.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*