5 Strategi Mendapatkan Backlink yang Berkualitas untuk Website Anda

Backlink yang Berkualitas

Mendapatkan backlink yang berkualitas bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, backlink merupakan sebuah link halaman web Anda yang diletakan di halaman website orang lain sehingga keberadaannya sangat bergantung pada kepercayaan pemilik website lain tersebut. Semakin banyak backlink yang mengarah ke website Anda, semakin baik pula reputasi website Anda di penilaian Google. Namun Anda pun harus ingat bahwa backlink yang kualitasnya bagus akan didapat jika website pemberi baclkink memiliki reputasi yang baik juga. Oleh karena itu, Anda harus membuat konten yang unik, lengkap, serta memberikan solusi kepada para pembaca agar banyak website yang menambahkan link halaman website Anda sebagai referensi konten mereka.

Caranya Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Backlink yang Berkualitas

Berbeda dengan teknik SEO yang menempatkan keyword atau kata kunci tertentu di dalam konten, teknik backlink merupakan teknik SEO yang didapat dari luar atau website lain yang tersebar di internet. Untuk mendapatkan jasa backlink pbn agar halaman website Anda memiliki kesempatan lebih besar menempati peringkat atas hasil pencarian mesin pencari Google, lakukan 5 strategi berikut ini:

1. Bangun Kredibilitas

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan backlink dengan kualitas bagus adalah membangun kredibilitas atau kepercayaan. Backlink diberikan oleh pihak luar yaitu pemilik website lain dan biasanya pemilik website tersebut hanya bersedia menjadi pemberi backlink ke website-website yang sudah terpercaya.

2. Sajikan Konten yang Lengkap dan Solutif

Poin utama dalam membangun kredibilitas adalah dengan menyajikan konten yang berkualitas. Konten yang Anda buat harus lengkap agar pengunjung website merasa cukup hanya dengan mengunjungi website Anda. Konten pun harus memberikan solusi kepada pembaca agar mereka tidak ragu membagikan konten yang Anda buat di media sosial atau website mereka sehingga menjadi awal yang baik untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

3. Tambahkan Infografik pada Konten

Selain membuat konten yang lengkap dan solutif, hal lain yang harus Anda lakukan adalah menambahkan infografik setiap kali Anda meng-upload konten. Hal ini karena terkadang banyak orang malas untuk membaca paragraf-paragraf yang panjang. Infografik biasanya berisi rangkuman konten yang disajikan dalam bentuk grafik dan teks singkat sehingga lebih mudah dipahami. Anda bisa memanfaatkan infografik yang sudah banyak tersebar di internet atau membuatnya sendiri melalui aplikasi-aplikasi desain grafis.

4. Gunakan Tools Backlink

Backlink yang berkualitas tidak hanya bisa didapat secara natural dengan menyajikan konten yang bagus, namun bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan tools sebagai pihak ketiga seperti Ahrefs. Ahrefs ini dapat membantu Anda menemukan website berkualitas berdasarkan kata kunci yang relevan dengan niche website Anda serta membantu Anda mengetahui kredibilitas website tersebut melalui domain rating dan jumlah trafik yang dihasilkan. Setelah menemukan website yang Anda rasa berpotensi menghasilkan backlink dengan kualitas baik, Anda bisa mendekati mereka secara personal terlebih dahulu untuk kemudian menanam backlink di sana.

5. Gunakan Content Sharing Platform

Banyak orang membagikan konten yang baru mereka upload ke media sosial mereka seperti Facebook. Hal tersebut memang bagus dilakukan, tetapi akan lebih bagus lagi jika menggunakan content sharing platform seperti Medium, Kaskus, Kompasiana, Hipwee, Reddit, SlideShare, dan lain sebagainya. Melalui content sharing platform, Anda dapat menulis artikel yang masih berkaitan dengan topik yang Anda bahas di website pribadi Anda kemudian menempatkan link halaman website Anda di sana sebagai upaya mendapatkan backlink yang berkualitas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*