3 Tips Merencanakan Sebuah Event agar Berjalan Sukses

3 Tips Merencanakan Sebuah Event agar Berjalan Sukses

Menyelenggarakan sebuah event memerlukan perencanaan yang matang agar event tersebut berjalan secara jelas dan terorganisir. Penyelenggara event-event besar biasanya memakai jasa profesional tim event organizer karena dianggap lebih efektif daripada merekrut orang-orang di lingkungan sekitar yang mungkin saja belum memiliki pengalaman dan membuat acara tidak berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika Anda berniat membuat sebuah event dalam lingkup tidak terlalu besar seperti event di sekolah, di kampus, atau bahkan event tingkat kecamatan, Anda dapat menyiapkannya bersama tim dengan perencanaan yang dilakukan dari jauh-jauh hari agar event terlaksana secara maksimal. Siapkan desain kaos dan tali id card  Jakarta untuk kebutuhan baju seragam dan kartu identitas sebagai pembeda antara panitia dengan peserta event.

Apa Saja yang Harus Direncanakan untuk Menyelenggarakan Sebuah Event?

Selain dress code dan tali id card yang digunakan sebagai identitas panitia, ada hal lain yang lebih penting untuk direncanakan dari jauh-jauh hari karena menentukan sukses atau tidaknya suatu event. Berikut 3 tips merencanakan sebuah event agar berjalan sukses:

1. Susun Konsep Acara Sebaik Mungkin

Tips pertama dalam merencanakan sebuah event agar berjalan sukses adalah menyusun konsep acara sebaik mungkin. Konsep acara harus direncanakan lebih dulu agar arah event jelas mau dibuat seperti apa. Lakukan diskusi dengan semua anggota tim untuk mengumpulkan berbagai ide kemudian dipilih konsep terbaik yang paling mungkin menarik banyak peserta.

2. Pembagian Tugas Disesuaikan dengan Kemampuan Masing-Masing Orang dalam Tim

Setelah mendapatkan konsep yang tepat untuk event yang akan diselenggarakan, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan pembagian tugas. Agar event berjalan sukses, pembagian tugas harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang di dalam tim. Misalnya, orang yang jago berbicara di depan umum bertugas sebagai pembawa acara, orang yang pandai negosiasi bertugas mencari pihak sponsor, atau orang yang rapi dalam administratif dapat dijadikan sebagai sekretaris.

3. Siapkan Kelengkapan untuk Peserta Sesuai Konsep Acara

Terakhir, hal yang tak kalah penting untuk direncanakan dari jauh-jauh hari adalah kelengkapan peserta. Kesan baik dari peserta setelah mengikuti event sangat dibutuhkan karena berpengaruh pada event-event selanjutnya. Jika event bersifat formal, berikan masing-masing peserta id card dengan tali lanyard sebagai tiket masuk. Berikan pula beberapa souvenir seperti stiker atau gelang agar peserta merasa lebih senang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*