3 Cara Mengetahui Karakter Mayoritas Pengunjung Blog

Mengetahui Karakter Pengunjung Blog

Jumlah pengunjung blog adalah penentu baik buruknya performa sebuah blog.  Semakin banya pengunjung maka peluang optimalisasi blog untuk hal lain seperti memasang iklan akan terbuka.  Demikian juga dengan permintaan review dari berbagai jenis produk dan jasa.

Salah satu faktor membludaknya jumlah pengunjung adalah konten yang disediakan oleh pemilik blog.  Tak heran jika para pemilik blog memiliki standar tersendiri saat meminta bantuan jasa pembuatan artikel.  Jika sebuah blog telah memiliki pengunjung, konten-konten yang akan disajikan dapat dibuat berdasarkan karakter dari mayoritas pengunjung tersebut.

Cara Mengetahui Karakter Pengunjung Blog

Mengetahui karakter pengunjung blog adalah hal yang penting untuk menentukan konten apa yang seharusnya kita buat.  Jika kita bisa menampilkan konten sesuai dengan kebutuhan pengunjung, tentu pembaca akan mengulangi kunjungannya.  Hal ini harus kita ketahui sebelum memesan konten kepada jasa pembuatan artikel.  Berikut ini tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui karakter dari pengunjung sebuah blog:

1. Menggunakan Widget Histats

Hitsats merupakan salah satu tool yang bisa digunakan untuk memonitor jumlah pengunjung beserta informasinya.  Kamu bisa mengakses tool ini dengan gratis.  Informasi pengunjung yang bisa ditelisik adalah jumlah pengunjung (organik dan langganan), page view, lokasi kota atau negara pengunjung.

2. Menggunakan Widget Whos.Among.us

Whos among merupakan layanan gratis untuk memonitor pengunjung blog yang sedang online dan lokasi saat mereka online.  Penggunaan Whos among sangat mudah dan tanpa perlu melakukan registrasi sehingga banyak pemilik blog yang mengggunakan tool ini.

3. Menggunakan Google Analytics

Selain menjadi platform blog, Google juga menyediakan tool gratis yang bisa melakukan analisis pengunjung blog dengan sangat detil.  Berbagai jenis informasi dari pengunjung dapat kita lihat menggunakan Google Analytics.  Tiga bagian penting dari Google Analytics yang harus kita pahami adalah acquisition, audience, dan behaviour:

1. Acquisition dapat memberikan informasi tetang bagaimana cara orang-orang mengunjungi blog kita.  Informasi akan tertera dengan detil, apakah mereka datang melalui mesin pencari, media sosial ataupun kontributor blog itu sendiri.

2. Audience akan menampilkan banyak data mengenai pengunjung blog.  Informasi yang ditampilkan sangat lengkap seperti usia, jenis kelamin, lokasi pengunjung, topik yang mereka sukai, jenis browser dan perangkat mobile yang digunakan untuk mengakses blog.

3. Behaviour dapat membantu pemilik blog untuk memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan sebuah blog. Bagian ini digunakan untuk mengetahui halaman apa yang paling populer dari blog kita.

Dari ketiga cara diatas, Google Analytics adalah tool yang paling lengkap untuk menganalisis pengunjung blog.  Agar tidak membuang biaya dengan sia-sia, pastikan kamu telah mengetahui karakter pengunjung sebelum menggunakan jasa pembuatan artikel.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*