3 Cara Mendesain Ruang Kantor Tampak Segar dan Alami

3 Cara Mendesain Ruang Kantor Tampak Segar dan Alami

Kantor adalah rumah kedua para pekerja. Hal itu karena sebagian besar waktu seharian dihabiskan di kantor daripada di rumah. Belum lagi jika sering bekerja lembur hingga larut malam, rumah akan menjadi tempat peristirahatan sementara saja.

Jadi tentunya mengubah ruang kantor yang tadinya kaku menjadi lebih segar sangatlah penting. Tampilan ruang kantor yang segar akan membuat seseorang yang bekerja di dalam ruangan lebih dekat dengan alam. Bekerja di balik dinding berwarna abu-abu saja tentu tidak akan meningkatkan performa kerja.

Terutama untuk perusahaan yang bekerja di bidang industri kreatif. Mendesain ruang seperti hutan, pegunungan atau suasana alam lainnya tentu akan mendatangkan banyak ide kreatif. Urusan desain mendesain akan menjadi tanggung jawab kontraktor interior kantor, namun bukan berarti semuanya dilepaskan begitu saja.

Kontraktor interior biasanya menawarkan beberapa konsep menarik sesuai dengan tema alam yang diinginkan. Namun tidak ada salahnya juga, jika kita lebih dahulu memiliki konsep tertentu yang ingin diterapkan.

taman-kecil-dalam-kantor

Tips Mudah Mengubah Kantor Menjadi Tampak Alami

Mencari konsep bagaimana ruang kantor nantinya akan diubah kini sudah sangat mudah. Apalagi jika konsep interior yang akan digunakan adalah dekat dengan alam. Kunci utamanya adalah penggunaan tanaman yang asli bukan plastik. Setelah mendapatkan konsep Anda bisa mendiskusikannya bersama kontraktor interior kantor untuk bisa segera direalisasikan.

Ikuti tiga tips yang menarik berikut ini untuk membantu mewujudkan ruang kantor yang segar.

  • Tambahkan cahaya alami

Kantor paling sering menggunakan cahaya lampu bahkan pada siang hari. Desain kantor yang baru ini sebaiknya mengganti lampu dengan cahaya alami yaitu matahari. Penggunaan lampu bisa dilakukan pada malam hari saja sehingga akan menghemat listrik. Cahaya matahari bisa diwujudkan melalui ruang kerja yang terbuka dan hindari penggunaan dinding beton.

  • Menciptakan taman

Tidak ada salahnya menciptakan taman kecil di dalam ruang kantor. Tempatkan tanaman gantung dan tanaman yang berukuran sedang untuk diletakan di dalam taman. Tanaman asli akan menambah kesegaran ruangan. Anda juga bisa menambahkan kolam air mancur mini di tengahnya.

  • Ventilasi udara yang baik

Ventilasi menjadi kunci sirkulasi udara yang baik. Kesehatan pekerja kantor tergantung dengan ventilasi udara yang dibuat. Hindari untuk menggunakan cat yang mengandung volatile organic compound (VOC). Pilih cat yang rendah kandungan toxic, dan letakan juga tanaman di setiap sudut ruangan untuk mengurangi polusi udara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*